Kenali 5 Jenis Bahan Sweater dan Macam-Macam Bahan Sweater Terbaik

0
5/5 - Vote count: 33 votes

Kenali 5 Jenis Sweater dan Macam-Macam Bahan Sweater Terbaik – Di saat cuaca sedang kurang bersahabat dan udara menjadi dingin seperti sekarang ini, kita harus menjaga kesehatan dan selalu menggunakan pakaian yang lebih tebal atau membawa pakaian hangat untuk melindungi tubuh Anda dari rasa dingin yang mungkin bisa menyebabkan Anda sakit.

Bahan Sweater

Berbicara soal pakaian hangat, ada banyak jenis pakaian hangat yang disukai oleh orang-orang seperti Hoodie, Zip / Unzip Hoodie, Bomber jacket, Knitwear, Parka, Windbreaker dan Sweater. Kali ini juga kami ingin sedikit membahas lebih dalam tentang Sweater mulai dari fungsi, jenis sampai bahan sweater yang sering digunakan dalam pembuatannya

Sweater sudah jelas berfungsi sebagai pakaian yang bisa menghangatkan tubuh dan selain itu juga pakaian ini sudah menjadi salah satu fashion item yang tidak hanya digunakan saat cuaca sedang dingin tetapi bisa digunakan kapanpun dan dipadupadankan dengan pakaian lain. 

Sejarah Sweater

Sweater sendiri sebenarnya sudah berusia berabad-abad, dahulu bahan dasar pembuatan pakaian ini diawali menggunakan rajutan wol. Sebenarnya teknik rajutan tangan menggunakan wol sudah digunakan lebih dari 2000 tahun tetapi baru pada abad ke 15 pertama kalinya pakaian atau tunik diproduksi. 

Pakaian rajutan ini dibuat oleh para istri dari pelaut atau nelayan menggunakan bahan wol alami yang mana kandungan minyak pada bahan tersebut bisa melindungi dan menahan udara dingin bahkan ketika lembab sekalipun. 

Pada tahun 1890-an, nama sweater ini muncul yang mana diadopsi oleh para atlet Amerika. Sweater pertama kali itu sangat tebal dan berat, berwarna biru gelap dengan model pullovers dan digunakan di saat sebelum dan sesudah para atlet bertanding untuk melindungi tubuh mereka dari rasa dingin. Akhirnya pada tahun 1920 para desainer terkenal seperti Jeanne Lanvin & Gabrielle Coco Chanel memperkenalkan sweater ke dalam koleksi mereka. Sepanjang abad ke 20, sweater sudah mengalami banyak perkembangan dalam berbagai macam desain, yang dibuat dari berbagai jenis bahan juga tidak hanya wol saja, mulai dari bahan yang alami sampai ke serat sintetis dan digunakan oleh siapapun laki-laki, perempuan sampai anak-anak

Bahan Sweater Yang Bagus Untuk Digunakan

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat sweater

  • Bahan Sweater Baby Terry

Bahan Sweater Baby Terry adalah bahan yang cukup tebal, tidak berbulu dan lembut. Struktur Baby Terry mirip seperti kain kaos (jersey), sedangkan bagian dalamnya memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop”.

Baby Terry bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti Cotton, bahan campuran seperti CVC atau bahkan dari bahan Polyester sekalipun. Tetapi kami merekomendasikan bahan Baby Terry yang berkualitas premium yaitu Combed Baby Terry. Di pasaran banyak sekali jenis bahan baby terry dari cotton tetapi tidak bisa dipastikan jenis cotton apa yang digunakan.

Jika Anda menggunakan bahan Baby Terry dari toko kami, sudah dipastikan bahan yang kami sediakan adalah Combed Baby Terry. Seperti kain Combed yang mempunyai keunggulan pada tekstur kainnya yang lembut dan halus, mudah menyerap keringat, terasa adem dan nyaman saat digunakan dan tidak kaku, begitu juga dengan tekstur bahan Combed Baby Terry yang ada di toko kami. 

Sudah dipastikan sweater yang Anda buat menggunakan bahan ini akan berkualitas baik dan nyaman digunakan baik di siang hari atau malam hari.

  • Bahan Sweater Fleece

Bahan Fleece mempunyai perbedaan dengan bahan sweater sebelumnya yaitu Baby Terry. Karena pada bagian dalam bahan sweater ini mempunyai struktur berbulu tebal dan halus tetapi pada bagian luarnya mempunyai struktur kain yang sama dengan kain single knit pada umumnya.

Selain itu perbedaan juga terdapat pada ketebalan kainnya yang mana bahan sweater Fleece jauh lebih tebal dibandingkan dengan bahan Baby Terry. Maka dari itu, jika Anda berniat membuat sweater menggunakan bahan yang lebih tebal agar terasa lebih hangat sangat cocok jika menggunakan bahan sweater Fleece. 

Bahan Sweater Fleece juga mempunyai beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Fleece Cotton atau bahan sweater Fleece yang dibuat dari serat campuran seperti CVC Fleece dan juga, bahan ini pun mempunyai pilihan lain yaitu Fleece Polyester.

Di Knitto Textiles kami menyediakan dua jenis bahan Fleece yaitu Combed Fleece dan CVC Fleece. Tentu kedua bahan ini mempunyai kualitas yang berbeda dan karakteristik yang berbeda juga. 

Bahan Sweater Combed Fleece terasa lebih nyaman, halus dan lembut, lebih adem, menyerap keringat dengan baik dan tetap adem digunakan meskipun dibawah sinar matahari atau pada siang hari.

Untuk bahan CVC Fleece pun tetap nyaman digunakan dan tetap bisa menyerap keringat dengan baik karena kandungan serat cotton nya masih lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyesternya, sehingga bahan ini masih tetap bisa menyerap keringat dengan baik.

  • Bahan Sweater Wool

Bahan Sweater wool ini pada dasarnya mempunyai sifat yang cukup berat dan tebal, hangat juga halus sehingga sangat cocok jika dipakai untuk menjadi bahan untuk pakaian hangat atau bahan sweater yang bisa digunakan ketika berada di daerah yang bersuhu dingin dan pada sejarah sweater diatas sudah disinggung jika bahan sweater yang digunakan pertama kali pun merupakan bahan wool

Jenis-Jenis Sweater

Pada bagian jenis sweater ini mungkin Anda bisa mendapatkan inspirasi jika saat ini Anda mempunyai niatan untuk membuat bisnis pakaian hangat dan ingin membuat sweater

1. Sweater O-Neck

baby terry bahan sweater O-Neck

image source: https://id.pinterest.com/

Sweater O-Neck atau crewneck adalah model sweater yang mempunyai lubang leher berbentuk bulat dan sweater model ini merupakan salah satu jenis yang paling sering dijumpai karena modelnya yang lebih simple dan bisa digunakan untuk berbagai macam kesempatan

2. Sweater V-Neck

Seperti namanya sweater ini mempunyai bentuk leher menyerupai huruf V. Sweater dengan jenis ini pun sebenarnya cocok digunakan oleh laki-laki maupun perempuan dan bisa dipadupadankan dengan pakaian lain seperti kemeja atau kaos sekalipun. Anda bisa menggunakan sweater dengan model ini saat santai ataupun untuk acara formal

3. Sweater Turtleneck

Untuk membuat sweater dengan jenis ini apakah harus menggunakan bahan wool saja? Sebenarnya tidak juga sekarang pun sudah banyak sweater dengan model turtleneck yang menggunakan bahan seperti Baby Terry. Kebanyakan sweater dengan model ini digunakan oleh para perempuan, tetapi sekarang pun para laki-laki sudah tidak sungkan untuk menggunakan sweater dengan jenis ini karena berkiblat kepada style ala korea

Selain model-model sweater di atas, Anda pun bisa berkreasi dengan model sweater ala Anda sendiri, misalnya memberikan variasi pada lehernya dengan diberikan kancing atau resleting? Anda juga bisa membuat sweater dengan kerah yang agak tinggi dan diberikan resleting untuk variasi lainnya

Mau membuat model apapun dan menggunakan jenis bahan sweater apapun, selalu prioritaskan kualitas bahannya agar sweater Anda pun nyaman digunakan. Terima kasih sudah membaca artikel kami semoga bermanfaat

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur