Jenis Bahan Pique Apa Yang Lebih Awet Untuk Kaos Polo?

0
Rate this post

Mencari bahan untuk produk bisnis clothing terutama jika Anda fokus memproduksi kaos polo memang terkadang susah-susah gampang, karena ada beberapa hal yang kadang menjadi bertabrakan. Ketika menemukan bahan yang kualitasnya bagus kadang harga nya tidak cocok dengan budget, tapi ketika menemukan harga nya yang murah, kualitasnya tidak bisa diharapkan. Padahal salah satu kunci agar produk kita bisa disukai adalah dengan mempunyai kualitas yang baik. 

Kualitas yang baik itu meliputi beberapa hal seperti nyaman digunakan, bahannya adem dan daya serapnya baik, kuat serta tidak kaku. Jika bahan yang Anda gunakan sudah mempunyai karakteristik tersebut bisa dikatakan Anda sudah menggunakan bahan kaos yang tepat

Bahan pique atau yang kita gunakan sebagai bahan kaos polo mempunyai beberapa jenis yang tersedia di Knitto Textiles maupun di pasaran. Setiap jenisnya ini mempunyai karakteristik masing-masing yang jelas berbeda. Perbedaan karakteristik dari masing-masing bahan pique bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah bahan dasarnya

Dari beberapa jenis bahan pique yang tersedia di pasaran mana yang lebih awet untuk kaos polo? Jika dilihat dari tingkat kekuatan kainnya kami merekomendasikan dua bahan pique yang bisa digunakan sebagai bahan kaos polo untuk clothing brand Anda. 

Bahan Pique CVC Hexagon 24s

Bahan yang pertama adalah bahan Pique CVC. Mungkin untuk Anda yang sudah biasa berbelanja di toko kami sudah tidak asing dengan bahan ini ya. Kami jelaskan terlebih dahulu tentang kain ini, terutama untuk Anda yang masih awam dengan bahan pique. 

bahan pique cvc hexagon

Bahan Pique CVC atau CVC Pique Hexagon adalah bahan kaos polo yang mempunyai rajutan tebal yang mempunyai corak rajut menyerupai segi enam atau honeycomb (sarang madu). Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bahan pique CVC ini adalah campuran dari serat Cotton dan Polyester. Salah satu bahan pique yang ada di toko kami ini mempunyai karakteristik yang cukup baik, dibuat dengan ketebalan 24s, gramasi kainnya 200-210 gsm dan lebar yang digunakan adalah 45” mempunyai karakteristik kain seperti permukaan kainnya yang lembut dan tekstur kainnya halus. Meskipun dibuat dari serat campuran dan terdapat kandungan serat Polyester pada bahan pique ini tetapi tenang saja karena kain ini tetap nyaman digunakan dan masih mempunyai daya serap yang baik

Bahan Pique Combed Diamond 30s

bahan pique combed diamond

Bahan pique yang juga sangat kami rekomendasikan sebagai bahan dasar untuk kaos polo Anda dengan karakteristik sangat baik yaitu Combed Pique Diamond. Sesuai dengan nama kainnya bahan pique ini memang dibuat menggunakan serat Combed premium, jadi Combed ini tidak hanya digunakan untuk bahan kaos polos saja ya, untuk bahan kaos polo pun bisa. Seperti karakter kain Combed yang begitu bagus, bahan pique yang menggunakan serat Combed juga mempunyai karakter yang benar-benar bagus, karena kainnya halus dan tekstur nya lebih lembut, sangat nyaman ketika digunakan dan terasa adem, daya serap nya pun tidak perlu ditanyakan lagi, karena bahan yang dibuat dari 100% serat kapas ini pasti lebih mudah menyerap air atau keringat. 

Berbeda dengan bahan CVC Pique yang mempunyai ketebalan 24s, kain Combed Pique Diamond ini dibuat dengan ketebalan 30s atau lebih tipis yang gramasi nya adalah 180-190 gsm dan untuk lebar kainnya masih sama seperti kain Pique sebelumnya yaitu 45” yang mana memang lebih lebar dibandingkan dengan kain kaos polos atau bahan single knit.

Apa yang membuat kedua bahan Pique ini lebih awet?

Bahan Pique CVC dan bahan Pique Combed dikatakan lebih awet karena beberapa hal dibawah ini:

  • Warna nya tidak mudah pudar. Seringkali kita merasa kesal jika baru membeli kaos polo yang baru dicuci beberapa kali warna nya menjadi pudar. Dengan menggunakan kedua bahan Pique dari Knitto Textiles Anda tidak perlu khawatir hal ini akan terjadi karena kami sangat menjaga warna kainnya agar tidak mudah pudar
  • Susut kainnya masih dibawah standar. Ada beberapa orang yang bertanya bagaimana dengan susut bahan Pique Combed? Apakah tinggi? Karena banyak rumor yang mengatakan jika bahan pique dibuat dari cotton maka susut nya akan tinggi. Bahan Pique Combed yang tersedia di toko kami mempunyai tingkat susut yang aman atau masih berada di bawah standar karena kami sangat menjaga kualitas kain kami dan sudah melakukan pengujian dan pengecekan atau quality control dengan ketat sehingga kualitasnya tetap terjaga. Tidak hanya pada bahan Combed Pique saja kualitas susut nya terjaga, pada kain Pique CVC pun susutnya masih tetap aman.
  • Bahan Pique CVC dan Pique Combed ini lebih awet karena bahan baku nya yang premium dan berkualitas tinggi, serta dibuat menggunakan mesin yang berkualitas juga. 

Bagaimana cara menjaga bahan Pique yang digunakan tetap awet?

Cara terbaik untuk menjaga semua pakaian Anda, tidak hanya kaos polo saja tetapi semua jenis pakaian adalah dengan memperhatikan teknik atau cara perawatan pakaiannya. Karena meskipun Anda menggunakan bahan yang sangat berkualitas tapi tidak memperhatikan cara perawatannya maka tetap pakaian Anda pun akan tetap cepat rusak. 

Khusus untuk perawatan pada kaos polo yang menggunakan bahan pique CVC dan Combed, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan hampir sama saja. Simak dibawah ini:

  1. Pisahkan kaos polo dengan jenis pakaian yang lain, jangan menyatukan semua jenis baju dan celana pada saat mencuci karena hal ini bisa menjadi salah satu faktor rusaknya pakaian Anda.
  2. Perhatikan waktu merendam kaos polo Anda, untuk kaos polo yang menggunakan bahan Pique CVC cukup rendam selama 1-2 jam saja, tetapi untuk kaos polo dari bahan Pique Combed jangan rendam lebih dari 1 jam.
  3. Disarankan untuk mencuci kaos polo dari kedua bahan  ini dengan cara manual atau dikucek saja. Saran ini juga berlaku untuk semua jenis kaos polos dan kaos polo.
  4. Setelah selesai di cuci pastikan ketika menjemur kaos polo Anda tidak tepat dibawah sinar matahari langsung, karena hal ini bisa menjadi faktor mudah pudarnya kaos Anda.
  5. Jika kaos polo Anda memerlukan proses setrika untuk merapikan, gunakan suhu dibawah 120°C.

Hal yang terpenting dalam memilih bahan kaos polo agar tetap awet adalah selalu teliti dalam memilih bahan baku nya, karena bahan baku ibaratnya seperti kunci utama. Hal yang kedua yang sama pentingnya adalah proses produksinya, karena proses produksi pun cukup berpengaruh, seperti jahitan, proses pemotongannya dll. Jika jahitan yang digunakan kuat dan rapi pasti kaosnya pun akan awet kan? Hal penting yang terakhir adalah proses perawatannya. Jadi semua aspek ini memang saling berpengaruh terhadap satu sama lain.

Setelah membaca artikel ini kami berharap Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat dan terutama Anda juga tidak ragu untuk menggunakan bahan kaos polo dari toko kami. Terima kasih sudah membaca artikel kami

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur