nama untuk bisnis

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Nama Untuk Bisnis

Dalam proses membangun sebuah bisnis, selain mempersiapkan konsep bisnis yang matang dan yang kuat ada satu hal lagi yang perlu Anda siapkan yaitu Nama dari brand atau bisnis Anda. 

Dan membuat nama brand pun sebaiknya dipikirkan matang-matang, maka dari itu dalam membuat nama harus benar-benar memberikan arti yang baik dan bermanfaat, tidak hanya untuk nama seseorang saja tetapi hal ini juga berlaku kepada nama untuk bisnis Anda. Apakah Anda setuju?

Perlu diakui membuat nama untuk sebuah brand memang tidak mudah, karena nama brand yang Anda buat akan menjadi identitas bagi bisnis yang Anda jalani. Karena perlu Anda ingat juga nama bisnis Anda akan menjadi aspek pendukung dalam proses branding. Apalagi jika Anda berencana membangun bisnis di bidang clothing seperti bisnis atau streetwear apparel yang sudah begitu banyak bisnis dengan konsep seperti ini di , bayangkan jika Anda membuat nama brand yang asal-asalan, bagaimana produk dan brand Anda akan diingat oleh para customer? Maka dari itu kami memberikan beberapa tips dan hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat nama untuk bisnis dan brand Anda

  • Pastikan Original & Belum Digunakan

Pertama hal yang paling penting untuk Anda lakukan ketika membuat nama untuk bisnis Anda adalah melakukan pengecekan untuk nama bisnis Anda. Cek apakah nama tersebut sudah pernah digunakan oleh bisnis lain? Pastikan juga apakah nama yang Anda pilih atau Anda buat benar-benar original atau asli tidak menjiplak dan baru serta bebas hak paten. 

Lakukan survey dan pengecekan secara seksama jika perlu lakukan sampai beberapa kali untuk memastikan nama tersebut tidak pernah digunakan siapapun. Untuk menguji apakah nama brand yang Anda buat sudah pernah digunakan atau belum, coba untuk melakukan pengecekan di website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual 

  • Gunakan Nama Unik & Pendek

Ketika membuat nama brand, pastikan Anda memakai nama yang berbeda dan unik juga singkat alias tidak terlalu panjang sehingga mudah diingat oleh konsumen Anda. Tetapi tetap harus selalu diingat juga, meskipun nama nya singkat tetapi pastikan nama tersebut tetap mempunyai makna yang bagus dan hindari nama yang mempunyai konotasi negatif, nama bisnis Anda akan mempengaruhi image dari bisnis yang Anda bangun. 

Satu hal lagi pilih nama yang tidak terlalu panjang atau yang singkat saja, pilih nama yang mempunyai 1 atau 2 suku kata saja, karena akan lebih mudah diingat oleh orang-orang. Tetapi jangan sampai karena Anda ingin membuat nama yang pendek, Anda jadi menggunakan singkatan untuk brand Anda, disarankan untuk menghindari singkatan, buat nama yang benar-benar jelas untuk dibaca dan dipahami.

  • Mudah Diucap & Didengar

Jika membuat nama yang unik dan singkat tetapi agak sulit diucapkan dan didengar, bagaimana orang akan ingat dengan nama brand Anda? Lebih baik menghindari penggunaan nama yang sulit dan terlalu rumit untuk diucapkan, seperti jika Anda memilih nama brand yang diambil dari bahasa asing sehingga cukup sulit diucapkan. Sebenarnya tidak ada salahnya juga membuat nama brand memakai bahasa asing selama tidak mempersulit orang-orang dalam mengucapkannya. Karena tidak menutup kemungkinan juga nama yang Anda gunakan dari bahasa asing justru akan memberikan kesan berbeda dan lebih unik tetapi tetap kembali lagi pastikan nama tersebut tidak membuat orang kesulitan dalam pengucapannya.

  • Mempunyai Arti Positif

Seperti yang sudah di katakan, memilih nama untuk brand sebaiknya menghindari konotasi negatif yang mungkin bisa membawa dampak kurang bagus untuk brand Anda. Sehingga pilihlah nama yang mempunyai arti dan makna yang baik karena nama adalah doa, jadi gunakan nama yang bermakna positif agar menjadi doa yang baik juga untuk bisnis Anda

  • Buat Nama Yang Mencerminkan Produk

Tips berikutnya yang juga perlu untuk Anda perhatikan adalah buat nama brand yang bisa menjadi cerminan produk Anda, sesuaikan pemilihan nama brand Anda dengan dari bisnis Anda. Dengan kata lain jika Anda memilih nama yang sesuai dengan produk yang Anda jual dan sesuai dengan target marketnya, maka proses branding pun akan lebih mudah dilakukan

Membuat nama untuk bisnis memang terkesan seperti mudah ya padahal membutuhkan waktu dan mungkin proses pemilihan yang panjang, agar mendapatkan nama yang tepat dan sesuai untuk bisnis Anda, sehingga bisa menjadi identitas yang baik. 

Untuk mencari ide untuk nama bisnis Anda mungkin bisa diambil dari sejarah bisnis atau filosofi yang terdapat pada bisnis Anda. Seperti alasan mengapa Anda membangun bisnis ini, pikirkan secara matang mengapa Anda memilih nama tersebut. Selalu Anda ingat bahwa nama brand adalah hal yang penting ketika akan memulai bisnis yang harus Anda perhatikan.

Jika Anda yakin dengan nama brand untuk bisnis Anda, proses selanjutnya dalam mempersiapkan brandingan untuk bisnis Anda adalah membuat logo yang mempunyai karakter khas yang sesuai dengan nama juga konsep bisnis Anda, yang juga bisa menjadi representasi dari bisnis Anda. Logo juga merupakan salah satu elemen penting dalam brand karena selain sebagai identitas dari bisnis, logo juga bisa memudahkan konsumen untuk mengenali brand Anda. Untuk memudahkan dalam mencari inspirasi dalam membuat logo mungkin Anda bisa mencari referensi dari beberapa brand yang sudah ada. Tetapi ingat jangan sampai menjiplak ya, lebih baik gunakan cara ATM atau Amati, Tiru dan Modifikasi dan buat logo nya menjadi ciri khas Anda sendiri. 

Kesimpulan

Jadi harus diingat lagi ketika memberikan nama untuk brand Anda harus yang mudah diingat dan menarik, karena nama brand lah yang akan terpampang dimana-mana, di semua materi promosi Anda bahkan sampai ke pricelist, katalog, dan packaging. Selaraskan nama brand Anda dengan logo yang Anda buat, ketika sudah mendapatkan nama yang tepat untuk bisnis Anda, lakukan pengecekan bahkan cek sampai beberapa kali jika perlu untuk memastikan jika nama brand yang akan Anda gunakan belum digunakan oleh siapapun dan belum terdaftar hak paten nya. Jika Anda sudah yakin dengan nama brand Anda dan nama yang akan Anda gunakan ini aman, segera lakukan pendaftaran nama brand yang Anda buat, untuk menghindari adanya penggunaan oleh orang lain sehingga Anda mempunyai hak cipta sepenuhnya atas nama brand tersebut.

Semoga informasi tentang beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat nama untuk bisnis ini bermanfaat terutama untuk Anda yang baru memulai berbisnis. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 



RELATED POSTS