Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Kualitas Dari Cotton Combed?

Cotton adalah salah satu bahan dasar untuk yang memang menjadi favorit para produsen . Terbukti dengan banyaknya bisnis-bisnis clothing yang masih tetap menggunakan jenis bahan ini sampai saat ini. Untuk Anda yang membaca artikel ini dan masih belum mengetahui apa itu Combed, simak penjelasan kami dulu ya.

Penjelasan dan Macam-macam Jenis Cotton Combed

Cotton Combed adalah bahan baku untuk kaos atau jenis pakaian lainnya yang komposisi kainnya dibuat dari 100% serat cotton. Nama bahan kaos ini diambil dari mesin proses pembuatan kainnya, yaitu mesin Combing. Untuk membuat bahan Cotton Combed, serat kapas diolah dan diproses pada mesin combing untuk disisir dan dibuang biji atau kotoran kapasnya sehingga bahan ini menjadi lebih lembut dan halus. 

Karakteristik dari kain Cotton Combed memang sangat bagus untuk bahan kaos, selain lembut dan halus, ini terasa jatuh dan tidak kaku, cukup elastis dan daya serap dari bahan ini juga baik secara dibuat dari 100% serat kapas sehingga sudah pasti penyerapannya bagus, yang paling terpenting dari bahan Cotton Combed adalah kenyamanan bahannya saat digunakan.

Bahan Cotton Combed sebenarnya tidak hanya mempunyai 1 jenis bahan saja, karena di pasaran sana Anda bisa menemukan beberapa jenis bahan Cotton Combed seperti , Cotton Combed 24s, Cotton , Cotton Combed 32s dan Cotton Combed 40s. Tetapi di Knitto kami menyediakan 3 jenis Cotton Combed yaitu Combed 20s, 24s dan 30s. Apa bedanya? Perbedaannya terletak pada ketebalan kainnya, dari setiap jenis Cotton Combed dan angka yang tertera di belakangnya itu mempunyai perbedaan ketebalan, ada yang tebal dan ada yang tipis. Mana saja yang termasuk ke Combed paling tebal dan Combed paling tipis?

perbandingan ketebalan cotton combed

Perhatikan Angka mana yang paling besar dari jenis Combed di atas? Benar, Combed 30s mempunyai angka yang paling besar, tapi apakah kain tersebut yang paling tebal? Jawabannya Tidak. Mengapa? Karena dalam pengukuran kain, tidak sama seperti metode ukuran pada umumnya, contoh jika angka tersebut besar maka benda tersebut pun akan besar. Dalam hitungan kain, jika angka dibelakang “S” nya kecil maka nya akan lebih besar dan kainnya akan semakin tebal, dan sebaliknya jika angka dibelakang “S” nya semakin besar maka kain nya akan semakin tipis dan nya akan semakin kecil. Dan “S” yang tertera merupakan yarn count atau ketebalan benang. 

*Gramasi adalah satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2)

Jadi, jika Anda ingin menggunakan kain kaos Combed dengan karakteristik tipis, jangan gunakan bahan Combed 20s atau 20s ya, gunakan bahan Cotton Combed 30s saja karena memang bahan Cotton Combed 30s adalah pilihan bahan yang paling pas atau cocok untuk kaos, terutama jika digunakan didaerah yang beriklim tropis seperti di

Sedikit informasi tentang gramasi jenis-jenis kain Combed yang ada di toko bahan kaos Knitto:

Combed 20s: 190-200 gsm (bahan kaos ini berkarakter lebih tebal namun tetap nyaman digunakan dan tetap halus dan lembut)

Combed 24s: 175-185 gsm (bahan kaos ini karakternya sedang atau tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Cocok untuk pakaian wanita)

Combed 30s: 140-150 gsm (bahan kaos ini yang paling tipis yang ada di toko kami, seperti yang sudah dikatakan bahan ini adalah pilihan terbanyak oleh para pengrajin atau produsen kaos). 

Membedakan Kualitas Cotton Combed

Tapi apakah kualitas bahan Cotton Combed yang ada di pasaran itu sama? 

Jenis bahan Combed di pasaran memang banyak, dibedakan bukan hanya dari segi ketebalan kainnya. Tetapi dari segi kualitas pun perlu Anda perhatikan perbedaannya, cara membedakannya seperti apa? Untuk membedakan kualitas, coba lakukan handfeel kainnya dan lihat pada permukaan kainnya. Untuk handfeel bahan Combed yang baik itu akan terasa lembut dan halus, bahannya pun adem dan jatuh, tidak terasa kasar apalagi terasa seperti ada butiran-butiran biji kapas pada kainnya, karena seperti yang sudah dijelaskan bahan Combed itu sudah melalui proses penyisiran pada mesin combing sehingga biji kapas dan kotorannya sudah lebih banyak terbuang. Pada permukaan kainnya pun coba perhatikan apakah terdapat banyak bulu? Memang pada dasarnya bahan yang dibuat dari serat cotton akan terlihat berbulu tapi setidaknya bahan Combed sudah melalui proses sedemikian rupa sampai kainnya tidak berbulu lebih banyak dari jenis bahan cotton lainnya. 

Berbicara tentang bahan Cotton, sebenarnya ada jenis bahan lain yang juga menggunakan 100% serat cotton itu tidak bisa langsung disebutkan sebagai bahan Combed. Jadi perlu di ingat tidak semua bahan Cotton itu artinya bahan Combed ya, bisa saja bahan tersebut merupakan bahan Carded karena bahan Carded juga sama-sama dibuat dari 100% bahan Cotton. Jadi Anda harus berhati-hati jangan sampai salah dan tertukar ya. 

Hasil Kaos Cotton Combed

Setelah mengetahui penjelasan dan jenis atau macam-macam bahan Cotton Combed, rasanya penting juga untuk kami informasikan tentang hasil potong dari 1 kg bahan Combed setelah menjadi kaos. Agar Anda dapat menghitung dengan pasti berapa kebutuhan bahan yang harus disiapkan untuk produksi kaos Anda. Silakan simak tabel di bawah ini ya

cotton combed

Tabel hasil kaos dari 1 kg kain Combed ini bisa Anda gunakan manakala Anda akan berbelanja kaos dari toko kami. Agar Anda tidak bingung dengan berapa banyak bahan yang harus dipesan dan Anda dengan menggunakan tabel ini Anda bisa mengantisipasi kekurangan bahan pada saat berbelanja. Tapi perlu Anda ketahui juga, jumlah hasil potong dari 1 kg bahan itu bisa sama seperti yang ada di tabel bisa juga berbeda. Karena hasil potong ini bisa dipengaruhi oleh pola kain yang digunakan dan kain yang digunakan, jika kain yang Anda gunakan merupakan bahan dari toko bahan kaos Knitto yang juga sudah pasti menggunakan 42” maka hasil potong nya akan lebih banyak dan lebih menguntungkan. 

Semoga Anda sudah cukup mengerti tentang bahan kaos Cotton Combed baik dari segi jenis bahan sampai ke cara membedakan kainnya ya. 

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur



RELATED POSTS