5 Alasan Mengapa Bahan Cotton Bamboo dan Cotton Modal Cocok Untuk Kaos Premium

Jenis bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat kaos? 

Sebenarnya kembali kepada konsep kaos yang ingin Anda buat, karena banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat kaos. Berbagai macam bahan kaos ini pun bisa dibedakan baik berdasarkan kualitas maupun karakteristik kainnya, seperti yang ada di Textiles, terdapat beberapa jenis bahan kaos dengan kategori yang berbeda juga, seperti kategori Plain untuk dengan warna solid yang juga digunakan sebagai standarnya bahan kaos. Kategori Fancy Fabrics untuk jenis-jenis bahan kaos yang mempunyai motif dan corak warna berbeda serta unik. Atau jika ingin membuat kaos dengan kualitas premium Anda bisa menggunakan bahan atau Modal yang juga masuk ke dalam kategori kain Premium Collection di toko kami. 

Tapi mengapa harus menggunakan Cotton Bamboo dan jika ingin membuat kaos premium? Ada beberapa alasan yang membuat Anda wajib menggunakan dan sebagai premium. Tapi sebelum kami menyebutkan alasannya, kami jelaskan terlebih dahulu secara singkat apa itu Cotton Bamboo dan secara singkat beserta dengan karakteristik kainnya.

Cotton Bamboo

Cotton Bamboo merupakan bahan yang dibuat dari campuran serat cotton dan serat bamboo, persentase antara campuran kedua bahan ini bisa bermacam-macam, tetapi di Knitto Textiles persentase yang digunakan adalah 30% serat cotton dan 70% serat bamboo. Karakteristik dari bahan Cotton Bamboo yaitu kainnya sangat lembut dan halus dan adem. Menurut beberapa sumber pada tahun 2001 Universitas Beijing terakreditasi sebagai institusi pertama yang berhasil mengubah bambu menjadi kain. Dan hingga saat ini bahan Cotton Bamboo semakin populer sebagai bahan kaos yang berkualitas sangat baik.

Apa perbedaan Cotton Bamboo dengan kain Cotton Biasa? Bamboo mempunyai daya serap yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kain Cotton biasa. Karena Bamboo juga dapat menyerap air tiga kali lebih banyak dan juga mampu menghilangkan kelembapan lebih cepat.

Dalam proses pembuatan kain Cotton Bamboo, kurang lebih melewati beberapa proses seperti pemanenan tanaman bambu terlebih dahulu, lalu diproses hingga menjadi serat, dipintal menjadi benang sampai akhirnya dirajut menjadi kain Cotton Bamboo.

Cotton Modal

Cotton Modal adalah bahan kaos yang juga dibuat dari bahan campuran serat cotton dan serat kayu (beech wood), yang mana persentase campuran yang digunakan oleh beberapa produsen pun bisa berbeda-beda. Knitto Textiles menggunakan campuran untuk Cotton Modal sebesar 50%-50%. Cotton Modal pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1951, dan pada tahun 1964 sebuah perusahaan di Austria lah yang memulai memasarkan bahan Cotton Modal ini.

bahan cotton bamboo dan Cotton modal

Image source: https://www.aestheticstories.com/

Karakteristik dari bahan Cotton Modal ini sebenarnya hampir sama dengan Cotton Bamboo, karena kainnya pun sangat lembut, halus adem dan mempunyai daya serap yang baik. Tapi ada satu kelebihan pada kain Cotton Modal yang tidak dimiliki Cotton Bamboo yaitu permukaan kain yang berkilau terutama jika terkena sinar matahari, sehingga memberikan kesan yang lebih elegan.

Dari penjelasan masing-masing bahan diatas, sebenarnya sudah tergambarkan bahwa kain Cotton Modal dan Cotton Bamboo bukanlah jenis bahan Cotton biasa-biasa karena bahan dasar yang digunakan pun tidak biasa. Untuk meyakinkan Anda sebelum menggunakan kedua bahan premium yang sudah tersedia di toko kami ini, mari kita simak apa saja alasan yang membuat Anda harus menggunakan kedua bahan ini sebagai bahan dasar untuk kaos Anda.

5 Alasan Mengapa Bahan Cotton Bamboo & Cotton Modal Cocok Untuk Kaos Premium

 

  • Anti Bau & Anti Bacterial

 

Hal yang pertama yang membuat Anda harus menggunakan kedua bahan ini adalah, kedua nya mempunyai mempunyai Anti Bau & Anti Bakteri. Bakteri kotor yang bercampur dengan keringat biasanya yang membuat pakaian menjadi bau tetapi dengan menggunakan kedua bahan kaos ini, kami rasa Anda tidak perlu takut kulit akan iritasi dan baju menjadi bau karena bakteri.

 

  • Daya Serap Baik

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kain Cotton Bamboo mempunyai kemampuan daya serap lebih baik dibandingkan dengan Cotton biasa, begitu pula dengan Cotton Modal. Sehingga tidak heran jika kedua kain premium ini terasa lebih adem. Karena kemampuan daya serapnya, Cotton Modal dan Cotton Bamboo dapat menghilangkan kelembaban dari kulit dengan lebih cepat. Ketika sedang berkeringat pun baju yang Anda kenakan dari kedua bahan ini akan cepat kering.

 

  • Mempunyai UV Protection

 

dan Cotton Modal mempunyai UV Protection yang mana bisa melindungi Anda dari sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit. 

 

  • Lebih Lembut 

 

Kain Cotton Bamboo dan Cotton Modal ini lembutnya melebihi jenis kain cotton biasa. Karena serat yang digunakan tidak menggunakan perawatan kimiawi, kain ini secara alami menjadi lebih halus yang tidak membuat kulit iritasi, jadi bisa dikatakan kain ini juga sangat cocok untuk anak-anak atau Anda yang mempunyai kulit sensitif. Selain lebih lembut, kedua bahan premium ini pun mempunyai serat yang kuat karena seratnya yang panjang dan kerapatan benangnya juga.

 

  • Eco-Friendly (Ramah Lingkungan)

 

kain Cotton Bamboo dan Cotton Modal juga termasuk kain yang ramah lingkungan (eco-friendly), dibutuhkan air lebih sedikit untuk pohon bambu tumbuh, dan Cotton Modal pun ramah lingkungan karena dibuat dari tanaman regeneratif dan bahan kimia yang digunakan pada proses produksi pun sangat sedikit. 

Sampai sini, apakah sudah mantap untuk menggunakan bahan kaos Cotton Modal dan Cotton Bamboo untuk kaos premium Anda? Jika sudah kami ingin memberikan juga sedikit tips perawatan kain Cotton Bamboo dan Cotton Modal agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Perawatan Kaos Premium menggunakan bahan Cotton Modal dan Cotton Bamboo

  • Pisahkan kaos dengan pakaian lain, terutama pisahkan kaos warna putih dengan kaos berwarna lainnya.
  • Jika memang harus menggunakan pemutih, gunakan pemutih berbahan dasar oksigen. Jangan gunakan pemutih klorin karena dapat merusak kain dan sebaiknya dihindari pada saat proses pencucian.
  • Untuk menghindari penyusutan pada kain, jangan rendam kaos terlalu lama, disarankan untuk merendam dengan waktu yang cukup sekitar 30 menit – 1 jam.
  • Cuci dengan tangan atau jika dicuci menggunakan mesin, gunakan wash bag atau laundry bag, untuk menghindari kerusakan pada kaos.
  • Jangan peras pakaian ketika akan dijemur.
  • Setrika dengan suhu sekitar 120°C.

Semoga ulasan kami tentang kain untuk kaos premium Anda ini bermanfaat dan dapat memberikan referensi yang tepat terutama untuk Anda yang memang sedang mencari bahan kaos premium ya. Jangan lupa untuk gunakan bahan kaos premium dari toko kami yang berada di Bandung dan Yogyakarta. Hubungi saja segera customer service terbaik kami jika Anda mempunyai pertanyaan seputar bahan kaos.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur



RELATED POSTS