Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

0
Rate this post

Beberapa orang terkadang mendapat kesulitan ketika memilih warna pakaian untuk dipakai terlebih memilih warna pakaian yang mencerahkan untuk warna kulitnya. Sebelum membahas rekomendasi warna untuk berbagai warna kulit, kita bahas dulu beberapa tipe warna kulit yang ada di Indonesia. Apa saja?

1. Putih 

Warna kulit ini biasanya dimiliki oleh mereka yang memiliki darah Western. Namun ada juga orang Indonesia yang memiliki kulit berwarna putih. Secara ajaib, orang-orang berkulit putih di Indonesia ternyata memiliki pesona yang luar biasa. Orang-orang berkulit putih di Indonesia menunjukkan aura menyenangkan karena kulit yang merona dan tampak terawat karena tidak memiliki bintik-bintik atau freckles

2. Kuning Langsat

Sebenarnya warna yang lebih cocok untuk menggambarkan orang Indonesia adalah kuning langsat. Pada dasarnya, orang-orang berkulit cerah di Indonesia memiliki sedikit warna kekuningan yang hangat. Orang-orang Jawa jaman dulu bahkan menjadikan kulit kuning langsat sebagai simbol kulit cantik yang sebenarnya. Seperti halnya kulit putih, kuning langsat juga bersifat fleksibel sehingga bisa beradaptasi dengan berbagai variasi warna. 

3. Sawo Matang/Coklat

Orang berkulit sawo matang adalah populasi terbesar yang ada di Indonesia. Warna kulit yang merupakan ciri khas ras Mongoloid-Melayu ini banyak tersebar di Indonesia bagian barat dan tengah, antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, bahkan Maluku dan Irian. Walau beberapa orang berkulit sawo matang masih kurang percaya diri dengan penampilannya, nyatanya kini sudah mulai banyak yang menyadari keindahannya yang eksotis. Kulit sawo matang sendiri dianggap paling istimewa karena lebih tahan dari terik matahari. 

4. Gelap

Orang dengan kulit berwarna gelapdi Indonesia kebanyakan berasaldari kawasan Papua. Namun berbeda dengan orang dengan kulit berwarna gelapyang mendiami kawasan Afrika, penduduk Papua memiliki warna kulit yang sedikit lebih terang dan mempesona tentunya.

Rekomendasi Warna Untuk Berbagai Jenis Warna Kulit

Menentukan warna yang tepat untuk jenis warna kulit Anda sebenarnya susah-susah gampang. Dan tahukah Anda warna pakaian pun sebenarnya juga cukup mempengaruhi penampilan Anda. Orang-orang yang memiliki warna kulit Putih mungkin tidak terlalu memiliki masalah dengan warna karena menggunakan warna apapun dirasa pas saja. Tapi bagaimana dengan Anda yang memiliki warna kulit sawo matang atau gelap? 

Orang yang memiliki jenis warna ini biasanya merasa kurang pede untuk menggunakan beberapa jenis warna terutama yang cukup mencolok, tapi tahukah Anda beberapa tahun terakhir ini, warna-warna yang kontras dan juga shocking color sedang menjadi trend di kalangan masyarakat, dan tidak mengenal apa warna kulitnya. Semua berdasarkan kepada kepercayaan diri Anda juga. Berikut ini beberapa rekomendasi warna untuk berbagai jenis warna kulit orang Indonesia

  • Warna Kulit Putih Merona

Untuk Anda yang mempunyai warna kulit putih, Anda bisa lebih leluasa dalam memilih warna pakaian. Menggunakan warna-warna gelap atau warna-warna tua misalnya seperti warna Hitam, Coklat Kopi, Abu Tua, Navy, dll. Warna gelap atau tua tersebut akan membuat Anda terlihat lebih elegan. Selain warna-warna gelap atau warna tua, Anda juga bisa memilih warna pastel yang cerah, agar kulit terlihat lebih bersinar dan lebih segar. Toko kami juga menyediakan kain dengan warna-warna pastel seperti Dusty Pink, Coklat Susu, Light Grey, Cream, Ungu Muda, Salem, Pink,  Biru Muda, termasuk juga warna Putih. 

  • Warna Untuk Kulit Kuning Langsat

Bagi Anda yang memiliki warna kulit kuning langsat, Anda harus tahu beberapa warna outfit yang cocok untuk Anda kenakan. Kulit dengan warna kuning langsat sangat cocok lho dengan nuansa warna tropis, seperti biru muda, hijau, kuning, dan merah. Warna tropis dijamin membentuk warna kulit, mata, dan rambut Anda terlihat lebih menarik dan bercahaya. Anda harus menghindari nuansa warna emas, seperti coklat dan orange yang akan membuat kulit Anda terlihat kurang fresh. Tapi untuk warna aman yang bisa Anda gunakan tentunya Hitam dan Navy. Kami yakin kedua warna ini merupakan warna yang sering Anda gunakan 

  • Warna Untuk Sawo Matang

Warna hitam dan warna gelap lainnya bisa dibilang sebagai warna ‘aman’ untuk Anda yang berkulit sawo matang. Namun, jika Anda selalu mengenakan warna-warna tersebut, lama-lama penampilan Anda terlihat monoton dan kurang menarik. Agar tidak terlihat membosankan, ada banyak warna terang yang cocok untuk digunakan oleh Anda yang berkulit lebih gelap, seperti pink, orange, hijau, kuning dan mustard. Atau Anda pun bisa memberanikan diri dengan menggunakan shocking color seperti Electric Lime, Hijau Pucuk dan Fanta atau Fuschia.  meskipun pemakaian warna gelap seperti coklat dan Navy atau warna-warna nude dan krem akan membuat penampilan Anda tetap keren. Disaat Anda ingin terlebih elegan lagi coba juga untuk menggunakan warna-warna seperti Merah atau Maroon. Apakah ada warna lain yang cocok digunakan untuk mereka yang mempunyai kulit berwarna sawo matang? Tentu ada! Warna-warna pastel juga kami rasa sangat cocok ya untuk Anda, penampilan Anda akan terlihat lebih kalem tentunya

  • Warna Untuk Kulit Gelap

Bagi Anda yang mempunyai kulit gelap terkadang seringkali merasa tidak percaya diri dengan warna kulit sendiri apalagi jika harus menggunakan warna baju yang cerah. Tapi mungkin kali ini Anda harus mencoba sesuatu yang baru dengan menggunakan warna-warna cerah, seperti biru, merah, dan kuning. Atau Anda juga bisa mencoba warna yang lebih cerah atau shocking color, karena di luar negeri pun trend menggunakan warna ini pun sedang marak sekali, hasilnya kulit Anda terlihat lebih cerah dan penampilan Anda pun akan terlihat menarik juga berbeda dari biasanya. 

Untuk kesan yang lebih elegan dan menonjolkan warna kulit Anda coba untuk gunakan warna putih. Tapi, beberapa sumber mengatakan untuk Anda yang mempunyai warna kulit gelapini juga perlu menghindari warna merah bata, pastel, coklat, dan hitam yang bisa membuat kulit Anda terlihat kusam.

Warna-warna yang sudah disebutkan diatas sebenarnya juga tersedia lho di toko kami. Terutama pada kain Cotton Combed, karena kain Combed 30s kami mempunyai 47 pilihan warna. Setiap warna yang ada juga dibagi kedalam beberapa kategori warna seperti Tua, Sedang dan Muda. Nah pilihan warna yang cocok untuk masing-masing jenis kulit Anda bisa disesuaikan dengan warna kain yang ada di toko kami. Tapi warna kain tersebut tersedia pada bahan kaos, sedangkan baju yang kami gunakan tidak selalu kaos. Siapa bilang kain Combed yang ada di toko kami hanya bisa digunakan untuk membuat kaos saja? Dengan kreatifitas dan ide-ide menarik yang ada, kain Combed juga bisa dikreasikan untuk berbagai jenis pakaian baik untuk wanita maupun pria. 

Psychology Color

Tahukah Anda setiap warna yang Anda sukai itu mempunyai arti tersendiri secara psikologi, bisa secara positif maupun negatif. Juga warna-warna yang Anda sukai dan sering Anda gunakan juga bisa memberikan sebuah pengaruh terhadap diri Anda. Berikut ini adalah beberapa pengaruh warna terhadap psikologi manusia menurut Kaina dalam bukunya “Colour Therapy“:

  • Sebuah warna dapat menimbulkan daya tarik yang membuat manusia semakin bergairah terhadap sesuatu hal, misalnya warna Pink yang disebutkan berhubungan dengan hal – hal yang romantis dan cinta juga kasih sayang.
  • Permainan warna juga sebenarnya dapat mempengaruhi emosi seseorang, misalnya warna biru bisa memberikan pengaruh ketenangan, memperkuat konsentrasi dan kegembiraan. Sedangkan warna merah juga sering sekali dikaitkan dengan tingginya tingkat emosi seseorang
  • Warna yang tepat dapat membangkitkan energi untuk membuat seseorang menjadi lebih aktif dalam setiap kegiatannya.

Berikut ini merupakan arti dari warna-warna secara psikologi yang juga mungkin merupakan salah satu warna yang sering Anda pakai atau merupakan warna favorit Anda

  • Putih

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang melambangkan kesederhanaan, kemurnian, bersih dan minimalisme. Warna yang mudah untuk dipadupadankan dengan warna apapun baik warna cerah atau warna yang gelap sekalipun dan memberikan konotasi yang positif. Namun penggunaan warna putih yang berlebihan akan memantulkan cahaya yang menimbulkan sakit kepala dan kelelahan pada mata.

  • Hitam

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Hitam mewakili keanggunan, misteri, dan kekuatan. Mereka yang suka hitam dikatakan ambisius dan canggih. Namun, terlalu banyak warna hitam bisa membuat depresi. Tapi warna hitam juga bisa melambangkan kematian, kedukaan dan kejahatan, warna hitam seringkali tampak suram dan menakutkan bagi beberapa orang, kembali lagi kepada penggunaan yang tepat

  • Abu-abu / Grey

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang Netral, yang juga berkaitan dengan kecerdasan, futuristik, stabil, kemuliaan dan mereka yang menyukai warna Abu adalah orang yang bisa berkompromi dan berdedikasi kepada komitmen. Akan tetapi juga bisa terkesan kusam dan menimbulkan depresi jika digunakan berlebihan. Warna ini merupakan warna paling sedikit menimbulkan kelelahan pada mata.

  • Biru

Warna biru seringkali dilihat sebagai warna yang berefek menenangkan pada seseorang. Gradasi biru yang lebih gelap seperti pada setelan kerja atau seragam dapat menimbulkan efek keamanan dan dapat diandalkan. Adapun sisi negatif dari warna Biru yaitu warna ini juga sering dihubungkan dengan rasa kesedihan, dingin, keras kepala, tak ramah dan kurang emosi. Penelitian menunjukkan bahwa biru dapat menaikkan produktivitas dan kreativitas, dan menurunkan suhu tubuh serta nadi, dan menjadi warna yang paling banyak disukai di dunia.

  • Salem

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Secara psikologis, warna Salem bisa merangsang energi baik dan meningkatkan mood. seringkali warna ini juga dikatakan bisa menimbulkan kepercayaan diri dan perasaan senang.

  • Merah

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Merah bisa menyimbolkan keberanian, perang, atau darah dan juga merupakan warna yang hangat yang sering membangkitkan perasaan bahagia, optimisme, dan energi. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa merah dapat menstimulasi selera makan dan jika Anda pernah memperhatikan beberapa fast food restaurants menggunakan Warna merah pada logo mereka.

  • Coklat

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna coklat merupakan gradasi yang lebih gelap dari merah, kuning dan oranye. Warna ini adalah warna yang hangat tetapi kurang memberikan pengaruh warna terhadap psikologi manusia sebagai warna yang dapat menstimulasi. Warna coklat sering dikaitkan dengan warna bumi yang dapat menimbulkan efek kekuatan dan keamanan. Tetapi juga Sebaliknya, jika terlalu banyak warna coklat juga dapat memberi makna sebagai tidak berperasaan, kurang toleransi, menguasai, kaku.

  •  Hijau

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna ini adalah kombinasi antara biru dan kuning, dan secara umum merupakan warna yang menenangkan secara fisik yang dapat memproduksi kenaikan  respons emosional secara simultan atau terus menerus. Hijau adalah warna yang paling sering dihubungkan dengan alam, dan terkadang juga melambangkan keberuntungan dan uang. Dalam tingkat ekstrim, hijau dapat dihubungkan dengan rasa iri hati.

  • Kuning

Tips Memilih Warna Pakaian Yang Mencerahkan Warna Kulit

Warna yang terang dan  berguna untuk menarik perhatian ini dilihat sebagai warna yang berhubungan dengan perasaaan cerah, bahagia, walaupun beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jika terlalu lama dihadapkan pada warna ini dapat membuat orang dewasa kehilangan kesabaran dan membuat bayi-bayi menangis. Dan jika mata Anda sensitif, sebaiknya jangan terlalu sering menatap warna ini karena kuning juga merupakan warna yang paling kurang nyaman untuk mata.

Arti warna di atas secara psychology bisa menjadi patokan juga untuk Anda dalam berpakaian terutama, karena siapa tau warna baju pun bisa mempengaruhi mood Anda setiap harinya. 

Kesimpulan 

Dalam memilih pakaian sehari-hari tentunya pun harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda meskipun banyak juga jenis warna yang cocok digunakan untuk semua jenis warna kulit. Di indonesia sendiri rata-rata memiliki jenis warna kulit seperti Putih, Kuning Langsat, Sawo Matang dan GelapHitam. Untuk mendapatkan warna-warna yang sesuai untuk kulit Anda sebenarnya Anda tidak perlu pergi jauh-jauh, Anda hanya perlu mendatangi toko kami karena kami menyediakan 47 macam warna pada kain Combed 30s yang beragam dan tentunya bisa memenuhi kebutuhan Anda sesuai dengan jenis warna kulit Anda. Tapikan Combed merupakan bahan kaos sedangkan saya ingin membuat jenis pakaian lainnya

Tidak perlu bingung hanya karena kain Combed adalah bahan kaos, meskipun fungsi utamanya adalah bahan kaos, kain Combed juga bisa dimanfaatkan untuk jenis pakaian lainnya, sehingga bisa Anda aplikasikan baik untuk pakaian wanita seperti dress, blouse, tunik dengan warna yang pas dan cocok untuk kulit Anda. kain Combed 30s kami mempunyai 47 pilihan warna. Setiap warna yang ada juga dibagi kedalam beberapa kategori warna seperti Tua, Sedang dan Muda. koleksi warna nya bisa Anda lihat disini

Kami berharap artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk Anda dalam memilih warna pakaian yang cocok dengan warna kulit Anda. Jangan ragu untuk tampil beda dengan menggunakan warna yang berbeda dari kebiasaan Anda. Karena mungkin warna baru yang Anda pakai akan memberikan kesan yang berbeda. Sama halnya dengan memulai berbisnis, jangan ragu dan takut untuk membuat sesuatu yang baru dan mendobrak kebiasaan-kebiasaan lama. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : [email protected]

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur