sablon plastisol

Sablon Rubber vs Plastisol, Mana Yang Lebih Baik Untuk Kaos?

Ketika Anda membuat bervariasi sablon, biasanya jenis sablon apa yang Anda gunakan? Karena jenis sablon yang bisa digunakan untuk memberikan variasi pada itu cukup banyak, Anda bisa memilih jenis sablon manual atau jenis sablon digital dan dari masing-masing jenis sablon ini juga terdapat beragam macamnya juga.

Ada 2 jenis sablon yang cukup sering digunakan dan menjadi favorit para pengguna sablon yaitu sablon Plastisol dan sablon Rubber. Apakah Anda juga pengguna dari kedua sablon ini atau hanya menggunakan salah satu nya saja? Untuk Anda yang belum pernah menggunakan kedua jenis sablon ini dan memang sedang mencari jenis sablon yang tepat untuk kaos Anda mungkin Anda bisa mempelajari tentang kedua sablon ini ya.

Sablon Plastisol

sablon plastisol

Sablon Plastisol atau jenis sablon yang menggunakan tinta plastisol ini merupakan oil based atau berbasis minyak. Karakter dari sablon plastisol dikatakan sebagai salah satu jenis sablon terbaik dan berstandar internasional. Tinta sablon plastisol akan lebih baik ketika digunakan untuk mencetak gambar pada -kain berwarna gelap dibandingkan dengan sablon rubber. Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang Anda dapatkan pun berkualitas baik. 

Untuk sablon yang mempunyai durabilitas yang baik, sablon plastisol ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena sablon plastisol ini tahan lama, warna yang dihasilkan pun lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam. Tidak membuat permukaan kaos menjadi kasar alias tetap lembut dan sablon jenis ini aman ketika dicuci dengan sering dan aman juga jika dikeringkan menggunakan mesin pengering. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya sablon plastisol ini awet karena tinta dapat menempel dengan erat ke

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih untuk kaos Anda. Pertama, harga atau biaya dari sablon plastisol memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis sablon rubber. Harga dari sablon plastisol ini lebih mahal karena efek dari tinta yang digunakan juga. Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan kaos dengan jenis sablon ini terutama pada saat Anda akan menyetrika karena jenis sablon ini tidak bisa di setrika dan akan cepat menghilang ketika terkena setrika, jadi Anda harus berhati-hati. 

Sablon Rubber

Jenis sablon kedua yang juga merupakan jenis sablon yang banyak dipilih oleh orang-orang karena kualitas dari jenis sablon ini pun bisa dipertimbangkan. Sablon Rubber ini berbahan dasar karet dan karena bahan dasarnya lah sablon jenis ini juga baik untuk merekat pada bahan kaos yang digunakan. 

Selain berbahan dasar karet, sablon Rubber juga merupakan jenis sablon water based atau berbasis air. Tinta yang digunakan bisa dicampurkan dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. 

Pada sablon rubber juga terdapat tiga jenis tinta yang masing-masingnya mempunyai kegunaan tersendiri yaitu, tinta rubber putih yang digunakan untuk sablon putih pada kain gelap. Tinta rubber netral digunakan untuk campuran sebagai penetral warna dan yang terakhir adalah rubber transparan untuk dicampur dengan warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

Penggunaan sablon jenis Rubber ini sebenarnya disarankan untuk kaos-kaos dengan warna dasar gelap dan sebaiknya tidak digunakan pada kaos yang berwarna dasar terang. 

Sablon dengan jenis ini pun cukup banyak dipilih dan digunakan oleh banyak produsen kaos karena harga sablon ini lebih terjangkau. Berbeda dengan sablon plastisol yang terkesan eksklusif, sablon rubber ini cocok dipilih untuk produksi kaos dengan budget yang tidak terlalu mahal. Hampir di semua pun sablon dengan jenis ini akan lebih mudah ditemukan dan permintaan penggunaan sablon ini pun tetap banyak dan masih diminati hingga saat ini. 

Mana yang lebih bagus untuk kaos? 

Dari penjelasan diatas masing-masing dari kedua jenis sablon sebenarnya mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kami juga telah mencoba untuk survey tentang mana yang lebih bagus untuk kaos dari kedua jenis sablon ini? Jawabannya pun cukup beragam, tetapi memang kebanyakan orang lebih banyak memilih jenis sablon plastisol yang lebih baik untuk kaos. Alasan dari para followers kami memilih sablon plastisol yang lebih baik untuk kaos adalah karena sablon ini merupakan jenis sablon standar internasional, hasil sablon lebih bagus dan lebih eksklusif, banyak sekali yang mengatakan juga jika sablon ini lebih kuat dan tahan lama atau lebih awet. Memang tidak dipungkiri juga followers kami mengatakan jenis sablon plastisol ini harga nya lebih mahal dibandingkan dengan sablon rubber, tetapi jika harga dan kualitas seimbang kenapa tidak dicoba? 

Menurut kami, kedua jenis sablon ini memang berbeda tetapi keduanya tetap mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaannya pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan dari produksi Anda. Untuk konvensi pun Anda bisa rekomendasikan kedua jenis sablon ini kepada calon konsumen Anda dan bisa disesuaikan dengan budget produksi juga kebutuhan dan permintaan dari konsumen Anda. 

Jadi sekarang tinggal Anda yang menentukan ingin menggunakan sablon jenis apa? Plastisol atau Rubber? Karena seperti yang sudah kami sebutkan keduanya mempunyai hasil yang berbeda dan karakteristik yang berbeda juga. Pilih disesuaikan dengan konsep juga budget produksi yang Anda siapkan ya. Agar mendapatkan pilihan yang tepat juga Anda bisa mengkonsultasikan perihal produksi ini langsung dengan vendor sablon yang Anda percaya yang juga mempunyai kualitas produksi yang baik.

Terima kasih sudah menyimak artikel kami tentang sablon plastisol dan sablon rubber ini, semoga bisa menjadi pencerahan untuk Anda yang sedang bingung memilih jenis sablon yang tepat untuk produksi kaos Anda. Untuk urusan bahan kaos nya jangan sampai bingung juga, karena kami bisa memenuhi kebutuhan bahan baku untuk produksi kaos Anda, banyak yang bisa Anda gunakan untuk bahan dasar kaos, kami menyediakan berbagai jenis bahan dengan berbagai kategori yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep produksi bisnis Anda. Jadi Anda bisa langsung hubungi kami melalui customer service kami atau Anda juga bisa mengunjungi toko kami yang berada di (Jl. Kebon Jukut No. 15, dan Jl. Holis No. 35, ) dan Yogyakarta (Jl. HOS Cokroaminoto No. 162A).

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur



RELATED POSTS