Perbedaan Hitam Reaktif dan Hitam Sulfur

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Hitam Reaktif

 

Bisa dikatakan Hitam adalah salah satu warna yang paling banyak dicari dan digunakan oleh para pengguna kaos, karena hitam merupakan warna yang netral dan mudah untuk dipadupadankan dengan warna lainnya. 

Saat ini Toko Bahan Kaos Knitto memiliki 3 jenis warna yaitu warna Hitam Reaktif, Hitam Sulfur dan Jet Black. Banyak pertanyaan yang datang kepada kami, apa perbedaannya antara Hitam Sulfur dan Hitam Reaktif?

Sebelum kita mulai menjelaskan perbedaan antara perbedaan warna hitam reaktif dan hitam sulfur, apakah kamu sudah mengetahui apa itu warna reaktif dan warna sulfur?

Zat Warna Reaktif

Zat warna reaktif adalah zat organik yang mempunyai intensitas warna yang tinggi yang dapat digunakna untuk pewarna tekstil untuk pewarna tekstil dan benang. 

Keuntungan menggunakan warna yang reaktif:

  • Salah satu pilihan zat warna responsif yang paling tepat dibandingkan zat warna lain, salah satunya warna sulfur.
  • Karena kemampuannya untuk bereaksi dengan berbagai medium, lebih tahan lama serta berbeda secara visual, membuat zat warna reaktif lebih unggul dibandingkan zat warna lain.
  • Jenis warna ini lebih kuat dan tahan luntur, sehingga akan aman meskipun dicampur dengan warna lain seperti warna putih pada saat dicuci.

Zat Pewarna Sulfur

Pewarna belerang adalah salah satu pewarna yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan warna hitam dan coklat terang pada serat untuk kain, tetapi pewarna ini lebih banyak digunakan untuk memproduksi warna hitam. 

Perbedaan Hitam Reaktif dan Hitam Sulfur

Mari kita mulai dari Hitam Reaktif. Karakteristik hitam reaktif adalah warna nya yang tidak terlalu pekat, dapat digunakan untuk semua jenis sablon termasuk sablon dengan teknik discharge atau Cabut warna. Warna hitam reaktif terdapat di hampir semua jenis kain yang ada di Knitto, dan warna ini terbagi juga menjadi dua yaitu Hitam Reaktif biasa yang tersedia pada kain:

Cotton Combed 16s, 18s, 20s, 24s dan 30s, Cotton Carded 24s dan 30s, Cotton Combed Stripes, CVC Slub Siro, Cotton Combed Baby Terry, Polyester Activedry dan Polyester Scuba.

Dan Hitam Reaktif Special ada pada kain Cotton Bamboo, U.S. Pima Cotton, CVC Astro, Cotton Galaxy, Cotton Combed Pique dan CVC Pique Hexagon. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika kain dengan warna Hitam Reaktif ini bisa digunakan untuk berbagai jenis sablon seperti:

Sablon Rubber, plastisol, superwhite, flock, dan cabut warna atau discharge.

Sedangkan Hitam sulfur merupakan kebalikan dari hitam reaktif yaitu karakteristik warna nya yang lebih hitam atau lebih pekat, warna ini bisa digunakan untuk kamu yang mencari kain dengan warna yang pekat tetapi harga kainnya cukup terjangkau.  

tidak seperti kain dengan warna hitam reaktif, warna kain hitam sulfur tidak bisa digunakan untuk semua jenis sablon, salah satu yang tidak bisa digunakan adalah sablon dengan teknik discharge atau Cabut warna. Tetapi menurut beberapa sumber kain dengan warna hitam sulfur ini juga baik untuk digunakan pada proses washing untuk menghasilkan warna kain yang pudar atau faded. 

Warna hitam sulur yang ada di Knitto Textiles saat ini hanya tersedia pada jenis kain Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s saja.

Perawatan Pada Kain Dengan Warna Hitam Reaktif dan Hitam Sulfur

Pada dasarnya perawatan kain ini hampir sama saja, tidak ada bedanya, mungkin yang menjadi pembeda ketika jenis kain yang digunakannya berbeda, contohnya jika kamu menggunakan kain hitam reaktif pada bahan Cotton Combed dengan warna hitam reaktif special bahan pique, karena ada perbedaan pada jenis kainnya maka perawatannya pun akan terdapat sedikit perbedaan. 

Hanya saja ada sedikit tips untuk penggunaan kain dengan warna Hitam Sulfur yaitu ketika kain ini baru dibeli dari toko, usahakan untuk langsung digunakan atau diproduksi dan jangan taruh di tempat yang lembab karena akan ada kemungkinan kain menjadi rusak dan berjamur. Jadi perhatikan selalu suhu ruangan tempat penyimpanan kain. 

Jet Black Warna Hitam Paling Pekat

Kami sudah menjelaskan jika di Knitto tidak hanya menyediakan warna hitam reaktif dan hitam sulfur saja tetapi kami juga menyediakan warna hitam lain yaitu Jet Black. Jet Black adalah jenis warna hitam yang paling pekat bahkan lebih pekat dari Hitam Sulfur, dan merupakan bahan warna reaktif. Karena jenis warna reaktifnya ini kain dengan warna Jet Black dapat digunakan untuk semua jenis sablon, baik sablon manual maupun digital termasuk dengan sablon discharge.

Warna jet black hanya tersedia pada beberapa jenis bahan kaos saja seperti, Cotton Combed 24s dan 30s, TENCEL™ Modal blended with Cotton, Cotton Combed Fleece, CVC Fleece.

Begitulah penjelasan tentang perbedaan dari warna hitam reaktif dan hitam sulfur, semoga bermanfaat dan kedua warna ini bisa kamu dapatkan di Toko Bahan Kaos Knitto.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur