Kriteria Bahan Kaos Yang Bagus Untuk Sablon

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Saat ini para pengusaha kaos terus berlomba untuk menciptakan inovasi dan menawarkan berbagai jenis kaos dengan model yang beragam. Tidak hanya model kaosnya saja, inovasi pun hadir sampai ke variasi kaosnya seperti variasi sablon, bordir dan tie-dye.

Berbicara tentang kaos dengan sablon, kaos dengan variasi ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan sampai saat inipun kaos dengan variasi sablon masih menjadi favorit para pengguna kaos. Terbukti dengan berkembangnya jenis sablonan, dari yang hanya sablon manual saja, sampai ada nya sablon digital yang menggunakan mesin.

Tetapi meskipun jenis sablon digital sudah banyak digunakan, para produsen kaos dan konveksi tetap setia menggunakan sablon manual karena hasilnya yang memuaskan dan harganya yang variatif. Tapi tahukah Anda? Hasil sablon pada kaos akan dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan.

Lalu jenis bahan kaos apa yang sebaiknya digunakan agar hasil sablonnya bagus dan maksimal? Sebelum kami menjawab pertanyaan ini, perlu Anda ketahui terlebih dahulu karakter atau kriteria bahan kaos yang bagus untuk disablon itu seperti apa. Penjelasannya ada di bawah ini

Kriteria Bahan Untuk Kaos Sablon 

Kriteria bahan yang pas atau cocok agar menghasilkan sablonan yang bagus adalah bahan yang teksturnya halus dan bulu pada permukaan kainnya lebih sedikit atau lebih tidak berbulu, karena dengan begini hasil sablon atau gambar yang dicetak pada kaos akan lebih jelas juga rapi. Dengan kriteria seperti ini, lalu jenis bahan kaos apa yang cocok dan mendekati kriteria nya seperti yang dijelaskan diatas? 

Jenis Bahan Kaos Yang Cocok Untuk Kaos Sablon

Pada bagian ini kami akan berikan beberapa rekomendasi kain yang cocok untuk digunakan dan karakteristiknya mendekati dengan kriteria bahan yang bagus untuk kaos sablon. 

  • Cotton Combed

Kriteria bahan kaos yang baik akan menghasilkan sablonan yang berkualitas juga dan jenis bahan yang pas untuk digunakan adalah bahan kaos yang karakteristiknya seperti kain Combed. Mengapa Combed? 

Pada beberapa artikel sebelumnya kami sudah sering membahas tentang bagaimana kualitas dari kain Cotton Combed, bagaimana karakteristik kainnya yang bagus sehingga kami sangat merekomendasikan Cotton Combed ini menjadi bahan yang cocok untuk kaos sablon karena hasil sablonnya pun bagus.

Penggunaan kain Cotton Combed sebagai bahan yang cocok untuk kaos sablon pun didukung oleh para customer Knitto Textiles yang sudah sering menggunakan bahan Cotton Combed dari toko kami dan mereka pun mengakui jika menggunakan bahan Combed hasilnya bagus

  • Cotton Modal & Cotton Bamboo

Ingin hasil sablonan lebih maksimal dan lebih baik lagi? Coba untuk gunakan bahan Cotton Modal dan Cotton Bamboo. Selain nyaman untuk kaos polos biasa ternyata dua bahan kaos premium dari toko kami ini juga sangat bagus hasilnya jika di sablon.

Karakteristik dari kain Cotton Bamboo dan Cotton Modal yang sangat halus dan lembut yang membuat bahan ini dapat menghasilkan hasil sablonan berkualitas tinggi dan tentu kaos yang Anda jual pun akan lebih terlihat lebih berkelas dan elegan.

Sama seperti kain Combed yang sudah banyak digunakan untuk kaos sablon, kain Cotton Modal dan Cotton Bamboo juga banyak direkomendasikan sebagai bahan kaos yang cocok untuk kaos sablon oleh customer Knitto dengan alasan karena kain ini halus sehingga mudah di sablon dan hasilnya bagus, hal ini juga kami ketahui karena sebelumnya kami sudah melakukan survey terlebih dahulu kepada customer kami di Instagram dan 3 kain ini lah yang paling banyak mereka rekomendasikan. 

  • U.S. Pima Cotton

Apakah bahan kaos U.S. Pima Cotton juga termasuk ke dalam rekomendasi bahan untuk kaos sablon? Tentu saja, bahan premium ini sangat cocok untuk kaos sablon apalagi bahan U.S. Pima Cotton juga dibuat dari 100% serat kapas yang langka dan kainnya pun sangat lembut, kuat juga warna kainnya lebih cemerlang, ketika digunakan untuk kaos sablon sudah pasti hasil kaosnya akan bagus.

Dari beberapa rekomendasi di atas mengapa kain Carded tidak termasuk ke dalam kategori atau pilihan kain yang cocok untuk kaos sablon? Begini, seperti yang sudah kami jelaskan pada bagian kriteria bahan di atas, jika bahan yang bagus untuk disablon kriteria nya adalah bahannya halus dan lebih tidak berbulu.

Sedangkan jika kita perhatikan Bahan kaos Carded terasa lebih kaku dan kasar, karena Anda masih bisa menemukan butiran kecil yang merupakan biji kapas atau kotoran kapas pada bahan kaos Carded.

Hal ini karena bahan Carded dibuat dengan cara digaruk pada mesin carding. Pada permukaan kain Carded pun nampak bulu nya yang lebih banyak sehingga tidak begitu nyaman dan bahan ini juga tidak begitu ideal untuk di sablon. Dari penjelasan ini semoga dapat menjawab pertanyaan tentang mengapa bahan Carded jarang direkomendasikan untuk kaos Sablon. 

Agar lebih meyakinkan berikut ini beberapa contoh hasil sablon yang menggunakan bahan Carded dan jenis bahan Cotton lain

Sablon Plastisol dengan Bahan Carded

Kriteria Bahan Kaos Yang Bagus Untuk Sablon

Image source: bellacanvas.com

Gambar diatas merupakan hasil sablon yang didapatkan ketika menggunakan bahan Carded dan jenis tinta yang digunakan adalah tinta plastisol. Pada gambar terlihat, jika menggunakan sablon plastisol pada bahan Carded maka hasilnya adalah serat kaos lebih terlihat dan tidak rapi juga hasil akhirnya pun bisa dirasakan  lebih kasar. 

Sablon Plastisol dengan Bahan Combed

Bahan Kaos Yang Bagus Untuk Sablon

Image source: bellacanvas.com

Gambar ini merupakan hasil sablon Plastisol pada kaos Combed, pada gambar ini terlihat sablonan lebih halus permukaannya, tidak terlihat bulu atau serat sama sekali dan tercetak lebih rapi. 

Dengan perbandingan diatas bisa disimpulkan bagaimana hasil sablon yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan bahan Combed dan bahan Carded. Meskipun keduanya merupakan bahan yang sama-sama dibuat dari 100% serat kapas tetapi perlu diingat jika kedua kain ini mempunyai kualitas yang berbeda. 

Jadi gunakanlah bahan kaos yang memang kualitasnya baik sehingga kaos dan sablonan yang dihasilkan pun akan maksimal. 4 jenis bahan kaos yang sudah kami rekomendasikan di atas bisa coba Anda gunakan sebagai bahan dasar untuk kaos sablon Anda. ketika akan membeli bahan kaos dan masih merasa ragu, Anda bisa konsultasi seputar bahan kaos dengan kami dan customer service kami akan membantu Anda untuk memilih bahan yang tepat. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur