7 Kelebihan Sablon Manual Terbaik Serta Kekurangannya

0
Rate this post

Sablon manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang sebagian besar proses penyablonan masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya.

Sablon manual mempunyai beberapa jenis sablon seperti Rubber, Super White, Plastisol, Discharge, Water Based, Pigmen, Flocking, Puffy/Foaming, Dll. Kali ini kami akan membahas apa saja kekurangan dan kelebihan dari sablon manual ini

Kelebihan Sablon Manual
Kelebihan Sablon Manual

Sebelumnya kami sudah melakukan riset terhadap pengrajin sablon manual di Indonesia, dan banyak sekali respon yang masuk dan berbagi cerita tentang kelebihan dan kekurangan dari sablon manual, di artikel kali ini kami mencoba untuk merangkum respon-respon yang masuk dari riset tersebut, simak baik-baik ya

KELEBIHAN SABLON MANUAL

  1. Harga Lebih Terjangkau
  2. Lebih Awet/Tahan lama
  3. Kuat
  4. Hasil Lebih Bagus
  5. Cocok untuk sablon massal/banyak
  6. Matching color bisa sampai 80-95%
  7. Lebih variatif

Selain beberapa kelebihan di atas memang banyak orang juga mengatakan kalau sablon manual itu lebih mempunyai “seni” dan bisa mengembangkan kreatifitas pada saat pengerjaannya, terlebih harga nya yang murah dan hasil bisa lebih baik dan juga sablon manual lebih cocok untuk produksi massal.

Disamping kelebihannya, masih ada beberapa kekurangan dari sablon manual seperti di bawah ini:

KEKURANGAN SABLON MANUAL

  1. Pengerjaan tidak bisa satuan
  2. Jika menggunakan banyak warna agak sulit pada detailnya
  3. Proses pengerjaan memakan waktu
  4. Proses sablon cukup ribet dan banyak tahapannya
  5. Mudah retak sablonannya kalau pengerjaan tidak rapih

Beberapa point di atas adalah kekurangan dari sablon manual yang sering dialami oleh para pengrajin sablon kaos, terutama pada point nomor 2 yaitu proses pengerjaan sedikit lebih sulit jika menggunakan banyak warna dan design yang rumit juga bisa menjadi sedikit penghambat proses produksi.

Meskipun harga sablon manual relatif murah, tapi sablon manual ini tidak bisa satuan alias pengerjaannya harus banyak, karena sabon manual membutuhkan beberapa tahapan seperti persiapan design, pembuatan film, proses afdruk, pembuatan screen yang perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.

dan jika hanya mengerjakan satu sablonan saja maka harga dari sablonan nya akan sangat mahal juga pengerjaannya yang cukup memakan waktu yang membuat Anda harus benar-benar memperhitungkan waktu produksi jangan sampai mepet apalagi melebihi waktu yang sudah Anda tentukan.

Maka dari itu jika Anda ingin membuat kaos sablon dan jumlah yang cukup banyak, sablon manual bisa menjadi pilihannya. Semoga ulasan kami ini bermanfaat ya, jangan lupa untuk selalu gunakan kain dari Knitto sebagai  bahan baku kaos Anda.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

JAM BUKA

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur