Jenis-Jenis Sablon

Sumber: lunenburgarts.org

Jenis-Jenis Sablon – Jika Anda sering menggunakan kaos atau jaket yang menggunakan sablon, pernahkan Anda berfikir bagaimana proses sablonan tersebut dan apa saja jenis-jenisnya? Sablon atau yang sering dikenal dengan istilah screen printing adalah cara populer untuk mengaplikasikan sebuah gambar ke material cetak, yang dalam hal ini, seringnya kita jumpai pada gambar  kaos atau jaket. Proses sablon ini merupakan teknik yang relatif sederhana, bahkan dapat dilakukan sendiri dirumah. Sebagai penyuka kaos atau jaket, tidak ada salahnya bukan jika kita mengetahui jenis-jenis sablon sebagai pengetahuan tambahan. Jadi seperti apakah jenis-jenis sablon dan prosesnya? Simak ulasan kami berikut ini.

Jenis Sablon Rubber

Rubber ini adalah salah satu jenis sablon yang paling sering digunakan. Jenis sablon yang dapat digunakan untuk kaos berwarna gelap maupun terang ini sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Hal ini disebabkan karena Rubber sering dikenal dengan sablonan karet, sifatnya menutup serat kain timbul. Sebenarnya Rubber termasuk kategori sablon Plastisol, namun berbeda dengan Plastisol harus menggunakan angin panas/hairdryer, sedangkan rubber bisa menggunakan setrika (biasanya setrika uap). Dari sisi bahan, untuk Rubber maupun Plastisol hampir sama tapi bau cat Rubber sangat menyengat diwaktu basah. Untuk sablon di atas dasar kain yg melar dibutuhkan cat Rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain.

Sumber: dick-blick.com

 

Jenis Sablon Plastisol

Plastisol juga termasuk jenis yang umum digunakan dalam industri persablonan. Plastisol sendiri adalah suspensi dari partikel PVC yang dikenal dengan sebutan plasticizer: sebuah senyawa aditif yang bisa meningkatkan kelenturan. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa jenis ini juga dignakan dalam produksi garmen, karena selain dapat menghasilkan gambar yang sangat jernih, hasilnya juga memiliki sentuhan dan tampilan seperti plastik. Jenis sablon berbahan dasar cat minyak ini juga memiliki kemampuan istimewa untuk mencetak dot super kecil dengan hasil prima. Sangat irit dan bahkan tanpa limbah. Sayangnya butuh investasi lebih jika Anda ingin menggunakan jenis sablon ini dikarenakan untuk mengeringkannya saja dibutuhkan sinar infra merah.

Sumber: shopify.com

Jenis Sablon Pigmen

Jenis sablon ini biasanya dipakai khusus untuk kaos berwarna terang atau putih karena sifat dari bubuk pigmen yang mudah menyerap ke dalam kain kaos atau jaket. Karena sifat ini, biasanya pada kaos bersablon pigmen akan tetap terlihat tekstur kainnya walaupun sudah disablon. Warna yang dihasilkan oleh tinta pigmenpun cenderung lebih rata dan solid bila dibandingkan dengan tinta lain. Sablon pigmen sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain kaos yang besar atau lebar karena hanya menggunakan sedikit tinta sablon.

Meskipun begitu, campuran cat yang menggunakan sedikit air dan kimia penguat cat ini tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada kain berwarna gelap karena tinta tidak akan menempel sempurna dan menyebabkan kain tersebut luntur. Bisa dibilang pigmen ini seperti kapur yang mudah luntur jika dipakai mengecat tembok.

Sumber: youtube.com

Jenis Sablon Superwhite

Tinta sablon superwhite sebenarnya cukup mirip dengan pigmen yang juga mudah menyerap dalam serat bahan kaos ataupun jaket. Tinta sablon superwhite terdiri dari dua kategori yaitu white untuk tinta putih dan color untuk warna lainnya. Tinta ini biasanya diaplikasikan pada design-design dengan konsep vintage.

Karena cat ini bersifat lebih transparan dan menghasilkan tone warna sablonan menjadi turun jadi agak meredup sehingga sering digunakan pada yang berwarna gelap. Tinta Superwhite juga bisa diracik menjadi tinta sablon manual jenis discharge jika dicampur dengan bahan–bahan tertentu.

Sumber: youtube.com

Jenis Sablon Discharge

Discharge atau sablon cabut warna merupakan salah satu solusi screen printing yang berbasis air untuk cetak cahaya pada pakaian gelap atau tekstil. Discharge adalah cat dengan kemampuan menipiskan atau menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

Pada proses pembuatannya, tinta sablon discharge merupakan hasil penggabungan tinta Superwhite dan bubuk atau binder pendukung khusus. Bubuk atau binder tersebut kemudian diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami. Hasil sablon dengan teknik discharge ini sangat lembut dan terlihat seperti warna kain kaos alami. Meskipun begitu, sablon discharge tidak dapat diaplikasikan pada semua bahan kaos. Sablon discharge hanya akan maksimal jika diaplikasikan pada bahan kaos katun murni yang reaktif, terutama hitam dan biru navy. Tinta sablon discharge ini juga tidak cocok dengan kain sintetis yang banyak mengandung polyester.

Sumber: tumblr.com

 

Jenis Sablon Flocking

Flock adalah teknik cetak dimana desainnya dipotong dari bahan foil berwarna dan kemudian ditekan menggunakan mesin heat press. Cat flocking akan menghasilkan sablonan dengan hasil akhir bertekstur seperti beludru. Hal yang membedakan sablon sablon flocking dengan sablon lain adalah sablon ini hanya dapat diaplikasikan pada satu warna saja dan hanya berbentuk tulisan sederhana saja. Dalam proses teknisnya, sablon flocking menambahkan kertas atau taburan bubuk di atas lem flocking atau pasta dan membiarkannya tersisa mengikuti lem sesuai bentuknya. Biasanya flock atau beludru memiliki efek timbul dan ketebalan berkisar satu hingga dua puluh milimeter.

Sumber: cidewacentre.ga

Demikian ulasan kami tentang jenis-jenis sablon. Semoga bisa membantu Anda yang sedang memilih jenis sablon yang tepat untuk kaos ataupun jaket Anda. Jika ingin mencari bahan kaos dengan kualitas terbaik yang mungkin mendekati pilihan sablon keinginan Anda, Anda bisa memesan di toko offline kami di Jalan Kebun Jukut No. 15 Bandung. Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui toko online resmi kami di www.knitto.co.id atau melalui kontak yang tertera dibawah ini.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963
WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009
Line : @knitto
Email : [email protected]

 



RELATED POSTS