6 Jenis Model Kerah Kaos

1
5/5 - Vote count: 4 votes

6 Jenis Model Kerah Kaos – Kaos merupakan pakaian populer yang banyak diminati karena kesannya yang santai. Selain memberi kesan santai dan juga nyaman ketika dikenakan, kaos juga adalah item yang sangat mudah dipadupadankan. Kaos favorit Anda, bisa Anda padu dengan jeans, celana bahan, ataupun rok untuk wanita.

Kaos juga memiliki berbagai macam desain. Mungkin yang sering Anda jumpai dipasaran adalah model kaos dengan lubang leher O ataupun kaos berkerah seperi wangky atau polo. Namun tidak hanya desain dan potongannya saja yang bervariasi, model kerah kaos ataupun model lubang leher yang diaplikasikan pada kaos pun sekarang sangat beragam seperti V-Neck, U-Neck, Y-Neck dan Turtleneck.

6 Jenis Model Kerah Kaos Atau Jenis Model Kerah Baju

Kerah Kaos O-neck

Kaos dengan lubang leher O-Neck termasuk ke dalam jenis kaos yang paling standar dan paling lazim anda jumpai. Sesuai dengan namanya, bentuk lubang leher yang diaplikasikan pada kaos ini sebenarnya memiliki bentuk bundar yang sangat simple menyerupai huruf “O”. Untuk kaos dengan model lubang leher O bisa untuk kaos lengan pendek, lengan 3/4, ataupun lengan panjang.

Kerah KaosSumber: alloons.com

Kerah Kaos V-neck

Sesuai dengan namanya, model leher kaos ini memiliki potongan garis leher yang menyerupai bentuk “V” atau meruncing di ujungnya. Bentuk V pada kaos ini sebenarnya didapat dari dua garis ribs yang bersudut di sekitar dada atas. Sudut pertemuannya bervariasi tergantung selera designer atau permintaaan pasar. Biasanya jenis leher kaos ini diaplikasikan ke kaos untuk wanita namun tidak jarang pria juga menggunakannya.

6 Jenis Model Kerah Kaos

Sumber: store.letswhistle.com

Kerah Kaos U-neck

Kaos dengan model lubang leher seperti ini memiliki desain perpaduan antara O-neck dan V-neck. Sedikit membulat seperti O-neck namun tidak menyudut tajam seperti V-neck. Kaos dengan model lubang leher dianggap lebih cocok untuk wanita dibandingkan untuk pria.

6 Jenis Model Kerah Kaos

Sumber: jakartanotebook.com

Kerah Kaos Y-neck

Kaos dengan lubang leher “Y” sebenarnya memiliki kemiripan dengan dengan kaos V-Neck, hanya saja memiliki variasi tambahan kancing di bagian tengahnya ditambah garis lurus kebawah sampai dada dan dilengkapi kancing seperti pada kaos kerah atau wangky (polo shirt) yang bentuknya menyerupai huruf Y. Jumlah kancing yang dipasangkan pada leher kaos bisa bermacam-macam mulai dari dua kancing sampai enam kancing.

Untuk kaos dengan model lubang leher satu ini mungkin jarang Anda lihat. Sebenarnya jenis kaos henley ini diaplikasikan di berbagai model pakaian, seperti singlet, kaos tangan pendek, model raglan, dan ada juga kaos tangan panjang tapi ciri khasnya tetap berkancing tanpa kerah.

6 Jenis Model Kerah Kaos

Sumber: catholicalcester.org.uk

Turtleneck

Model lubang leher ini diberi nama turtle alias kura-kura karena memang lubang lehernya memanjang persis seperti leher kura-kura. Perbedaannya signifikan pada lubang kerah ini terletak di di bagian garis leher yang berbentuk bulat seperti model O-neck namun dilengkapi dengan tambahan rib (bahan pinggiran lubang leher) ke atas. Sehingga saat digunakan dapat menutupi keseluruhan bagian leher Anda. Bila bagian lehernya dirasa terlalu panjang anda bisa melipatnya kebawah menjadi dua bagian.

6 Jenis Model Kerah Kaos

Sumber: wanelo.com

Kaos berkerah (polo shirt)

Polo shirt atau kaos wangky merupakan kaos yang memiliki kerah dibagian lubang lehernya. Biasanya kaos wangky digunakan untuk kegiatan sehari-hari ataupun acara formal, karena kaos ini memiliki kesan formal dan elegan. Bahan yang sering digunakan adalah lacoste CVC ataupun lacoste katun yang disesuaikan dengan rancangan produsennya ataupun selera pasar. Terkadang ada juga penambahan corak, desain, model saku ataupun bordir pada kaos yang juga membantu menarik minat konsumen. Hingga saat ini kaos wangky tidak hanya dipakai oleh pria saja tetapi wanita juga.

6 Jenis Model Kerah Kaos

Sumber: endclothing.com

Berbicara tentang lubang kerah pada kaos tentu tak pernah lepas juga dari istilah Rib. Untuk rekan pelaku bisnis konveksi, pasti familiar dengan istilah ini. Namum beda halnya dengan kaum awam yang pada umumnya hanya memakai kaos untuk keperluan sehari-hari, pastilah istilah rib ini terdengar asing.

Sejatinya, rib adalah jenis kain rajutan yang biasa digunakan sebagai pelengkap bagian leher atau lengan kaos. Rib sendiri memiliki jenis dan warna yang beragam dan biasanya warna rib sama dengan warna body pada kaos agar tidak terlihat timpang sebelah karena Rib sendiri adalah pasangan dari kain. Selain itu warna pada kain ribbiasanya cenderung memiliki warna yang lebih tua dibandingkan warna body-nya.

Ketika hendak memilih bahan rib, seringkali Anda dihadapkan dengan pertimbangan bahan jenis apa yang digunakan agar tetap elastis dan tidak mudah melar. Untuk mendapatkan Rib dengan karakteristik lebih elastis Anda bisa menggunakan jenis Rib Spandex. Karena berbahan spandex maka rib jenis ini umumnya memiliki karakter yang lebih lentur. Di Toko Bahan Kaos Knitto ini kami menyediakan rib berbahan spandex untuk jenis bahan Combed 30s dalam beberapa varian warna.

Demikian ulasan kami mengenai jenis-jenis model leher kaos. Semoga bisa menambah referensi Anda ketika hendak memilih model kaos serta bahan rib yang tepat. Jika Anda ingin mencari bahan kaos kualitas terbaik dengan harga bersaing, Anda bisa memesan di toko offline kami di Jalan Kebun Jukut No. 15, Bandung atau melalui toko online resmi kami di www.knitto.co.id.