Kelebihan dan Kekurangan Cotton Combed 30s

4
5/5 - Vote count: 291 votes

Cotton Combed 30s

Cotton Combed 30s | Cotton Combed adalah jenis katun (cotton) yang dibuat dari 100% serat kapas yang mana pada teknik pembuatannya serat katun diolah dengan diputar di mesin pemintal dan disisir pada mesin combing untuk membuang biji kapas. 

Dari mana nama Combed itu berasal? Nama Combed sendiri diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu Mesin Combing. Di Indonesia sendiri Kain Combed sering disebut dengan istilah lain seperti Combad atau Combet karena ejaannya yang hampir sama, tapi pengejaan yang benar adalah Combed.

Kain Cotton Combed mempunyai beberapa variasi yang dijual di pasaran, dibedakan melalui ketebalan kainnya, seperti Cotton Combed 20s, Cotton Combed 24s, Cotton Combed 30s, Cotton Combed 32s, sampai dengan Cotton Combed 40s. Di antara beberapa pilihan kain ini, manakah kain yang ketebalannya paling tebal dan mana yang paling tipis? Jawabannya adalah, kain Cotton Combed 20s yang paling tebal dan kain Combed 40s yang paling tipis. Mengapa kain yang angka dibelakang s nya lebih besar justru mempunyai ketebalan yang paling tipis?

Karena sistem pengukuran kain itu tidak sama dengan pengukuran benda lainnya, pada kain sistem ukurnya itu terbalik. “Semakin besar ukuran benang maka akan semakin tipis kainnya dan gramasinya akan semakin kecil, tapi jika semakin kecil ukuran benang maka akan semakin tebal kainnya dan gramasi akan semakin besar”.

Di Knitto Textiles, saat ini sudah tersedia 4 jenis bahan kaos Cotton Combed seperti Cotton Combed 20s, 24s dan Cotton Combed 30s, yang terbaru adalah Heavyweight Cotton Combed 16s yang mana kainnya sangat tebal dibandingkan dengan kain Combed lainnya. Jika kamu bertanya, kain mana yang paling sering digunakan, jawabannya adalah kain Cotton Combed 30s. 

Cotton Combed 30s merupakan bahan kaos yang sangat halus, permukaan Bahan Kaos Cotton combed juga tampak lebih rata. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh bahan kaos ini sehingga tidak akan rugi jika kamu menggunakan bahan yang juga sering disebut sebagai bahan kaos distro ini.

Harga Bahan Kaos Cotton Combed 30s 

Cotton Combed 30s

Cotton Combed 30s

Secara harga memang kain Cotton Combed terhitung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kain yang punya bahan dasar yang sama yaitu Cotton Carded. Tetapi jika kita bandingkan lagi dari segi keunggulan kainnya, kami rasa harga yang ditawarkan dan kualitas yang kamu dapatkan akan sebanding.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berapa harga dari kain Cotton Combed 30s dan harga jenis kain Cotton Combed lainnya, kamu bisa cek disini

Koleksi 100 Warna Bahan Kaos Cotton Combed 30s di Knitto 

Di tahun 2021 ini Khusus untuk kain Combed 30s, knitto sudah memiliki lebih dari 90 pilihan warna atau tepatnya sudah ada 100 warna kain. Toko bahan kaos Knitto adalah toko kain pertama yang menyediakan kain Cotton Combed 30s dengan warna terbanyak sampai 100 warna dan ready stock! 

Koleksi 100 warna ini terbagi menjadi beberapa kelompok atau kategori warna seperti Tua, Sedang, Muda, Putih, Jet Black, dan Misty. Mengapa koleksi warna kain ini dibagi menjadi beberapa kategori? Karena untuk memudahkan pengecekan harga kainnya, harga kain yang ada di Knitto itu dipengaruhi oleh warna kainnya sehingga berbeda warnanya maka kainnya juga akan berbeda.

Kelebihan Bahan Kain Cotton Combed 30s

1. Cocok untuk cuaca tropis di Indonesia

Bahan kaos 30s sangat disarankan karena cocok dengan iklim yang ada di Negara kita. Negara dengan iklim tropis lembab yang terkadang cuacanya membuat keringat menjadi sedikit berlebih.  Bahan kaos combed 30s dapat mengalirkan udara dengan lancar serta tidak kaku waktu digunakan hingga buat badan kita terasa nyaman. Di luar itu, penyerapan keringat juga juga semakin maksimum karena bahan ini mudah menyerap keringat kita.

2. Permukaan Rata, Halus dan Lembut

Karena proses pembuatannya membuat kain kaos Cotton Combed mempunyai tekstur kain yang halus dan lembut saat kamu pegang. Selain itu permukaan kainnya juga rata dan kamu tidak akan menemukan bintik-bintik putih yang merupakan kotoran kapas atau biji kapas yang tertinggal pada kain ini, karena proses penyisirannya yang membuang kotoran kapasnya.

3. Tidak kaku, dan Nyaman Digunakan

Bahan cotton combed 30s juga tidak panas saat digunakan. Bahannya juga tidak kaku dan membuat badan kita menjadi nyaman saat menggunakannya. Kaos dengan bahan 30s dapat digunakan waktu tidur, istirahat, olahraga, lari pagi, serta semua aktivitas lainnya.

4. Adem dan Menyerap Keringat Dengan Baik

Bahan ini juga terasa adem saat digunakan, dan bisa menyerap keringat dengan baik atau daya serap nya sangat baik, secara bahan dasar yang digunakan adalah 100%  serat kapas. 

5. Tidak kasar

Saat kita membeli kaos, terkadang kita seringkali menemukan kain yang sangat kasar hingga terasa panas saat digunakan. Bahan 30s memiliki struktur yang halus serta tidak kasar sehingga terasa nyaman saat digunakan untuk aktivitas keseharian.

Karena sifat bahan kaos cotton combed yang begitu halus serta kuat, bahan cotton combed juga seringkali dipakai untuk bahan sprei tetapi umumnya bahan kaos Cotton Combed ini digunakan sebagai bahan baju salah satu nya yaitu kaos.

Kekurangan Cotton Combed 30s

Kekurangan cotton combed disebabkan karena sifatnya yang berasal dari bahan organic, yaitu :

  1. Rentan terhadap jamur bila disimpan ditempat yang lembab
  2. Kain akan cepat rusak apabila direndam terlalu lama

Cara Merawat Bahan Cotton Combed 30s

Cara merawat kain Cotton Combed sebagai berikut:
  • Disarankan untuk mencuci kaos katun dengan manual menggunakan tangan atau dikucek
  • Pisahkan kaos dengan pakaian lain, terutama pisahkan kaos warna putih dengan kaos berwarna lainnya
  • Merendam kaos katun di air deterjen dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan  warna kain rusak, disarankan untuk merendam dengan waktu yang cukup sekitar 30 menit – 1 jam
  • Jemur atau keringkan di tempat teduh, hindari dari sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja, kaos akan kering
  • Jika diperlukan untuk disetrika, maka gunakan setrika dengan suhu sekitar 180℃ jangan terlalu panas. Karena bisa merusak tekstur kaos terutama jika kaos bersablon

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur