Perbedaan Combed dan Carded

0
4.9/5 - Vote count: 30 votes

Dalam menentukan bahan yang tepat untuk memproduksi kaos, produsen harus mengetahui perbedaan dari masing-masing bahan kaos. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang perbedaan antara “Cotton Combed” dan “Cotton Carded”. 

Combed

Apa itu Cotton Combed?

Cotton Combed adalah jenis kain yang menggunakan benang combed dan komposisi nya 100% cotton atau kapas. Untuk mendapatkan benang combed, kapas diolah melalui proses comb atau disisir menggunakan mesin combing.

Karena proses pembuatan benangnya disisir pada mesin combing, maka hasil benang yang didapatkan menjadi lebih lembut serta kain yang didapatkan lebih halus. 

Kain Combed juga memiliki struktur benang yang lebih rata, lebih tidak berbulu dan berbiji sehingga kualitas nya sangat baik.

Maksud dari biji disini adalah bintik-bintik putih yang terlihat pada permukaan kainnya yang berasal dari kotoran kapas yang tidak terbuang, tapi tenang saja jika kamu menggunakan kain Cotton Combed, biji kapas tidak akan kamu temukan pada permukaan kainnya.

Lalu dari mana nama Combed itu berasal? Nama Combed sendiri diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu Mesin Combing.

Di Indonesia sendiri Kain Combed sering disebut dengan istilah lain seperti Combad atau Combet karena ejaannya yang hampir sama, tapi pengejaan yang benar adalah Combed. 

Jenis dari Cotton Combed yang banyak digunakan di Indonesia adalah 20s, 24s, 30s dan 40s tetapi memang kain Cotton Combed 30s lebih banyak digunakan di Indonesia yang mempunyai iklim tropis.

Di Toko Kain Kaos Knitto, kami hanya menjual kain Combed dengan kualitas Premium yang tentu kualitasnya terbaik, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan kain dari toko kami. 

Jenis-Jenis Bahan Kain Cotton Combed Yang Tersedia Di Knitto 

Heavyweight Cotton Combed 16s

Jika ada satu kain yang harus kamu gunakan untuk membuat kaos oversized, tentu kain tersebut adalah Heavyweight Cotton Combed 16s. Kain ini memang dibuat khusus untuk kaos dengan model baggy style atau kita sebut dengan oversized t-shirt.

Ciri dari Heavyweight Cotton Combed 16s adalah kainnya yang tebal, terasa sedikit kaku namun tekstur kainnya tetap halus dan lembut. Gramasi dari kain Cotton Combed ini adalah 235-245 gsm dan lebar nya 90”.

Memang jenis lebar yang digunakan untuk jenis kain ini berbeda dengan kain Combed lainnya yang ada di Knitto karena kain ini menggunakan lebar Open Finish.

Cotton Combed 20s

Bahan kaos dengan jenis rajutan Single Knit yang mempunyai gramasi 190-200 gsm dan lebar kain 42” dengan jenis lebar tubular ini digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kaos.

Karena kainnya yang masih dikategorikan sebagai bahan yang cukup tebal, biasanya kain ini digunakan untuk membuat baju bayi atau baju wanita. Sayangnya jenis warna yang tersedia pada kain ini tidak terlalu banyak. 

Cotton Combed 24s

Beberapa produsen kaos sering menjadikan jenis bahan ini sebagai alternatif lain dari kain Cotton Combed 30s, meskipun dari segi ketebalan masih berbeda ya karena kain Combed 24s mempunyai gramasi 175-185 gsm.

Bisa dikatakan jenis kain Combed ini ketebalannya menengah, tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis, warna yang tersedia pada kain ini juga sudah tersedia cukup banyak di Knitto Textiles.

Cotton Combed 30s

Dengan melihat kebutuhan di Indonesia yang lebih banyak menggunakan kain Cotton Combed 30s, maka dari itu Knitto Textiles atau Toko Bahan Kaos Knitto berusaha untuk memenuhi kebutuhan teman-teman Knitto dengan hadirnya 100 warna kain Combed 30s, dan bisa dikatakan Knitto adalah toko kain pertama yang menyediakan kain Combed 30s dengan pilihan warna terbanyak di Indonesia.

Mengapa orang Indonesia lebih banyak menggunakan jenis kain ini? Karena karakteristik kain dan tekstur kainnya yang sesuai dan cocok dengan kesukaan juga iklim negara ini yang membuat orang-orang menyukai kain Cotton Combed 30s.

Kainnya yang lembut dan halus, dapat menyerap keringat dengan baik, kainnya yang terasa adem dan sudah barang tentu akan membuat nyaman digunakan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memilih kain Cotton Combed 30s sebagai bahan dasar untuk membuat kaos kan?

Apa Itu Cotton Carded?

Cotton Carded adalah jenis kain yang menggunakan benang carded dan komposisi nya pun sama yaitu 100% cotton atau kapas. Berbeda dengan Combed, untuk mendapatkan benang Carded, kapas diolah melalui proses Carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

Pengambilan nama Carded pun sama-sama diambil dari nama mesin pembuat nya yaitu mesin Carding

Hasil kain yang menggunakan benang carded berbeda dengan combed, perbedaan nya adalah kain cenderung lebih kasar, memiliki bintik putih, cenderung lebih berbulu dan berbiji.

Dari segi kualitas, memang kain Carded di bawah kain Combed dan juga harganya lebih murah. 

Apakah bahan Carded bagus jika dijadikan bahan dasar untuk kaos? Pertanyaan ini cukup sering kami dapatkan dari teman-teman Knitto yang baru mau menggunakan bahan Carded sebagai bahan untuk memproduksi kaosnya. 

Menurut kami bahan Cotton Carded tetap bagus jika digunakan sebagai bahan kaos, tetapi memang jika kamu mengharapkan kualitas yang setara dengan standar kaos distro, sudah pasti jawabannya bukanlah kain Cotton Carded, akan tetapi kamu harus menggunakan bahan lain salah satunya adalah Cotton Combed.

Saat ini di Knitto sendiri tersedia kain Cotton Carded dengan ketebalan 30s, gramasi 140-150 gsm dan lebar kainnya 42”. Selain Cotton Carded 30s, kami juga menyediakan varian lain dari kain Cotton Carded yaitu ketebalan 24s.

Saat ini memang koleksi warna yang tersedia tidak terlalu banyak tetapi jika kamu memang membutuhkan bahan Cotton Carded dengan warna-warna tertentu, kamu bisa melakukan pemesanan kain dengan cara Pre-Order, hanya saja memang terdapat Minimum Order Quantity (MOQ) untuk setiap Pre-Order yaitu sebanyak 300 kg atau 12 roll. 

Kesimpulan 

Membuat kaos sebenarnya bisa menggunakan jenis bahan apapun, hanya saja memang untuk pembuatan kaos dengan kualitas tinggi, kamu tidak bisa menggunakan sembarang jenis bahan kaos.

Kami sarankan untuk menggunakan bahan Combed, dengan karakteristik kain yang baik dan kenyaman bahan yang yang baik juga, meskipun harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis bahan kaos lainnya seperti Cotton Carded atau Polyester. 

Tetapi, jika kamu menginginkan kaos dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih kain Carded sebagai bahan baku dari kaos yang akan kamu produksi, hanya saja perlu kamu ingat ya kualitas yang akan kamu dapatkan tidak sama seperti kain Cotton Combed jika kamu menggunakan bahan Carded.

Itu dia ulasan kami tentang perbedaan dari kain Cotton Combed dan Cotton Carded, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu memilih bahan kaos yang bisa digunakan untuk membuat kaos. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur