Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Polyester

0
Rate this post

Bahan Combed dan Bahan Polyester merupakan 2 bahan yang sangat berbeda, dari segi komposisi benang dan tekstur kainnya saja sudah berbeda. Tapi memang untuk fungsi nya sama-sama sebagai bahan kaos.

Bahan Combed dibuat dari 100% serat Cotton dan mempunyai banyak keunggulan, bahan combed biasa digunakan sebagai bahan kaos seperti kaos-kaos polos, kaos sablon bahkan juga untuk bahan kaos distro atau bisa juga untuk bahan kaos olahraga sekalipun, bahan Combed memang lebih flexibel bisa digunakan untuk apa saja. Berbeda dengan bahan Polyester yang dibuat dari 100% serat sintetis (minyak bumi) berupa biji plastik, kegunaan dari bahan polyester sebenarnya sama seperti Combed yaitu untuk bahan kaos tetapi kualitas kaos yang dihasilkan dari bahan Polyester tidak akan sebaik bahan Combed, karena bahan polyester biasa nya digunakan untuk kaos-kaos partai, atau kaos-kaos promosi yang kualitasnya rendah meskipun bisa saja digunakan untuk baju-baju olahraga seperti jersey untuk kualitas yang lebih baik

Lalu bagaimana membedakan bahan Combed dengan Polyester? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan kedua bahan ini dengan melakukan test bakar, handfeel dan gunakan kedua bahan ini setelah menjadi kaos.

1. Test Bakar

Mengapa harus dibakar? Karena cara paling mudah dan paling terlihat hasilnya untuk mengetahui bahan tersebut merupakan bahan Combed atau bahan polyester yaitu dengan dibakar. Hasil dari bahan Combed yang dibakar akan habis atau menjadi abu, sama hal nya ketika kita membakar kapas atau tissue maka hasilnya akan habis, karena bahan Combed terbuat dari 100% serat cotton alias kapas.

Berbeda ketika Anda membakar bahan Polyester, karena bahan ini dibuat dari 100% serat sintetis atau biji plastik, maka ketika dibakar pun hasilnya akan seperti ketika kita membakar plastik, bahan poltyester akan meleleh dan setelah itu menggumpal dan mengeras, benar-benar persis seperti Anda membakar sedotan atau plastik.

Selengkapnya simak video berikut ini

2. Handfeel

Apakah handfeel bahan Combed dan bahan Polyester berbeda? Berbeda, jika Anda rasakan bahan Combed jauh lebih lembut dibandingkan dengan bahan Polyester karena sebenarnya bahan Polyester itu bukan lembut melainkan licin.

3. Gunakan Kedua bahan Setelah Menjadi Kaos

Dengan langsung mencoba kaosnya juga akan menjadi cara yang paling terasa hasilnya, silakan Anda coba beli 1 buah kaos dengan bahan Combed dan bahan Polyester lalu gunakan kaos tersebut saat Anda melakukan kegiatan seharian, dan silakan rasakan perbedaannya. Ketika Anda menggunakan kaos dengan bahan Combed, kaos tersebut akan memberikan kenyamanan saat digunakan dan terasa lebih dingin dan adem ketika digunakan saat beraktifitas di siang hari dan yang paling penting kaos dengan bahan Combed mampu menyerap keringat dengan baik.

Akan sangat jauh berbeda ketika Anda menggunakan kaos dengan bahan Polyester, bahan ini sangat kurang nyaman digunakan saat beraktifitas karena bahannya yang cenderung panas dan sama sekali tidak bisa menyerap keringat apalagi jika Anda beraktifitas di bawah terik matahari, karena seperti kita tau bahan polyester dibuat dari 100% serat sintetis berupa biji plastik

Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengetahui apakah bahan tersebut Combed atau Polyester, semoga bermanfaat dan jangan sampai tertukar ya. Jika Anda mencari bahan Combed dengan kualitas premium jangan ragu untuk datang ke toko kami, karena Knitto menyediakan bahan Combed dengan 38 pilihan warna juga berbagai macam ketebalan, segera hubungi kami ya untuk mendapatkan bahan kaos yang Anda butuhkan

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

JAM BUKA

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur