Bedakan Bahan Combed, CVC dan Polyester Dengan Cara Ini

0
2.8/5 - Vote count: 25 votes

Bedakan Bahan Combed, CVC dan Polyester Dengan Cara Ini – Sebagai produsen kaos sangat penting rasanya untuk mengetahui lebih banyak tentang kain dan bagaimana karakteristik dari setiap kain. Karena seperti Anda tahu dan sering kami utarakan juga, bahan kaos yang ada di pasaran sangat banyak dengan berbagai karakteristik yang berbeda dan mempunyai keunggulan masing-masing.

Seperti tiga jenis bahan kaos ini, Cotton Combed, CVC dan Polyester yang mempunyai karakteristik berbeda namun sama-sama mempunyai warna yang solid, sehingga untuk membedakannya secara kasat mata mungkin akan agak sulit, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan ketiga kain ini agar tidak tertukar. Tetapi sebelum kita membahas tentang bagaimana cara membedakan kain untuk kaos ini, terlebih dahulu kami ingin ingatkan kembali bagaimana karakteristik dari masing-masing kain.

Karakteristik Bahan Kaos Combed, CVC dan Polyester

Bahan kaos Cotton Combed: Bahan Combed dibuat dari 100% serat cotton dengan proses disisir menggunakan mesin combing sehingga menghasilkan kain yang permukaannya rata, halus, lembut dan sudah tidak terdapat sisa-sisa biji kapas dan juga kain ini terasa adem.

Bahan kaos Polyester: Polyester merupakan kain yang dibuat dari serat sintetis, berasal dari biji plastik yang diproses dengan cara di polimerisasi. Karakteristik dari bahan Polyester tidak seperti bahan katun karena  kemampuannya menyerap air dengan baik, bahan Polyester tidak bisa menyerap air sebaik katun (seperti layaknya plastik yang juga tidak menyerap air). Bisa dikatakan kain ini  cenderung licin dan selain itu bahan polyester juga  tidak terasa adem atau panas ketika digunakan.

Bahan kaos CVC: Chief Value Cotton atau CVC adalah kain yang dibuat dari serat campuran Cotton dan Polyester. Jika dibuat dari dua bahan seperti ini, karakteristik kainnya lebih condong kemana ya? Apakah seperti Combed atau Polyester? Bahan CVC ini memang bahan campuran tetapi persentase dari serat cottonnya lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyester nya dan persentase kandungan campurannya bisa berbeda-beda. Seperti di toko kami, bahan CVC misty kami menggunakan campuran 65% serat cotton dan 35% serat polyester sehingga kainnya masih terasa nyaman.

Cara Membedakan Bahan Kaos Combed, CVC dan Polyester

“Bagaimana cara membedakan ketiga kain kaos ini?”

Setelah mengetahui karakteristik dari masing-masing kain, Anda bisa membedakan ketiga kain ini dengan cara dibakar. Kami memberikan kemudahan untuk Anda jika ingin mengenal berbagai jenis bahan kaos, Anda bisa mendapatkan sample kain GRATIS (Syarat dan Ketentuan berlaku) dari toko kami sebagai bahan untuk Anda mempelajari berbagai macam bahan kaos agar tidak salah pilih. 

Dengan melakukan tes bakar terhadap masing-masing kain, Anda akan lebih mudah membedakan mana kain Combed, Polyester dan CVC. Kenapa lebih mudah? Karena dari hasil pembakarannya lah yang akan menunjukan jenis kainnya.

Alat dan Cara Tes:

Untuk melakukan tes bakar alat dan cara nya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan

  • Lilin dan korek untuk alat bakarnya
  • Sediakan alat jepitan atau pinset untuk memegang kain saat dibakar 
  • Siapkan kain yang akan di tes, potong sekitar 5×5 cm saja

Usahakan untuk melakukan tes ini diluar ruangan dan jauhkan anak-anak pada saat melakukan percobaan. 

Dari tes bakar yang dilakukan, nanti nya masing-masing dari ketiga kain ini akan berubah menjadi seperti ini:

hasil pembakaran bahan combed

Cotton Combed: Hasil pembakaran dari kain Cotton Combed akan habis atau menjadi abu, karena sama halnya seperti ketika Anda membakar kapas yang hasilnya akan habis menjadi abu. 

Bedakan Bahan Combed, CVC dan Polyester Dengan Cara Ini

CVC: Hasil pembakaran dari kain CVC cukup berbeda dengan bahan Cotton Combed, karena ketika kain CVC dibakar, sisa pembakarannya akan berbentuk seperti gumpalan kecil dan akan menjadi serbuk. Ini terjadi karena efek dari bahan baku kain yang merupakan campuran dari serat cotton dan serat Polyester. Selengkapnya dari pembakaran kain CVC bisa Anda simak disini 

Bedakan Bahan Combed, CVC dan Polyester Dengan Cara Ini

Polyester: untuk hasil pembakaran kain yang satu ini sudah pasti sangat berbeda dengan dua kain sebelumnya, karena ketika bahan Polyester dibakar sampai habis, hasilnya akan seperti Anda membakar plastik yaitu akan meleleh terlebih dahulu dan nantinya akan bergumpal keras. 

Tes ini bisa Anda coba lakukan jika suatu saat Anda mendapatkan sample kain yang tidak mempunyai stiker atau label jenis kain sehingga tidak diketahui identitasnya atau ketika Anda ingin membuktikan komposisi dari suatu kain. Jika sudah dilakukan tes nya, pasti akan lebih mudah mengetahui kain tersebut termasuk ke dalam jenis bahan apa.

Kami sudah pernah membuat percobaan tentang tes bakar ini yaitu tes bakar untuk kain Polyester dan kain CVC yang bisa Anda simak di youtube channel kami, klik disini 

Kesimpulan

Setiap kain yang ada di pasaran pasti mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan dibuat dari bahan baku yang berbeda. Tetapi terkadang ada kalanya kita merasa ragu atau tidak yakin dengan suatu kain dan cara termudah untuk membuktikan keaslian suatu kain yaitu dengan melakukan tes. Selain melakukan tes, memahami karakteristik setiap kainnya pun sangat penting, maka dari itu sebagai seseorang yang berkecimpung di bisnis kaos sangat wajib untuk terus menggali ilmu tentang bahan kaos.

Knitto memberikan konsultasi seputar bahan kaos gratis bagi Anda yang saat ini masih dalam tahap belajar tentang bahan kaos, kami siap membantu Anda untuk mengenalkan berbagai jenis bahan kaos terkhusus bahan kaos yang sudah tersedia di toko kami, dan kami pun bisa memberikan rekomendasi kain yang tepat untuk produk yang akan Anda buat nantinya. 

Apa yang kami sampaikan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda. Kami juga mengajak Anda untuk menggunakan bahan kaos dari toko kami yang bisa Anda pesan secara online atau offline baik di Knitto Bandung maupun Knitto Yogyakarta dan kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. 

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

 

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur