5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

0
Rate this post

Bahan Cotton Pique merupakan salah satu jenis kain untuk membuat kaos polo, bahan ini dipilih karena mempunyai kualitas yang baik dan cocok untuk polo shirt dengan kualitas premium. Bahan Pique cotton yang tersedia di toko kami bukan hanya bahan cotton Pique biasa karena menggunakan bahan Combed untuk bahan dasarnya.

Bahan Cotton Pique

Bahan Pique itu apa? Pique merupakan salah satu jenis rajutan kain yang mempunyai ciri corak rajutan padat pada permukaan kainnya serta umumnya corak rajutan pada Pique ada 2 jenis seperti yang ada di toko kami. Kali ini kita akan membahas kain Pique dengan bahan Cotton dan keunggulannya.

Sebelumnya perlu Anda ketahui jika kain Pique itu komposisi bahannya bisa dibuat dari berbagai macam bahan, seperti Cotton, Polyester atau campuran dari kedua bahan tersebut seperti CVC dan TC. untuk bahan Cotton Pique, kain ini dibuat menggunakan full serat cotton biasanya.

Tetapi setiap toko kain mungkin bisa jadi menyediakan jenis bahan cotton Pique yang berbeda, seperti toko kami yang hanya menyediakan bahan cotton Pique dengan jenis combed. Yang kami sebut dengan nama Combed Pique Diamond. 

Apakah ada perbedaan antara bahan cotton Pique dengan combed Pique diamond dari Knitto?

Pembeda yang paling jelas adalah bahan utama pembuatannya yaitu Cotton Combed, yang juga akan membuat karakteristik kainnya menjadi berbeda. Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika kain dengan bahan Combed itu mempunyai kualitas yang baik.

Seperti kainnya yang lembut, halus di kulit, adem, nyaman digunakan dan baik dalam penyerapan keringatnya. Begitupun dengan bahan Pique yang menggunakan bahan Combed sebagai bahan dasar pembuatan kainnya.

Corak rajutannya pun sebenarnya sama saja, rata-rata kain cotton Pique menggunakan corak segi empat seperti yang kami punya. Combed Pique Diamond dibuat dengan konstruksi yang sempurna untuk kaos polo Anda, gramasi kainnya adalah 180-190 gsm dengan ketebalan kain 30s. Bahan ini juga cocok untuk kaos polo dengan kualitas premium.

Perbedaan Bahan Cotton Pique Dengan Bahan Pique CVC?

Selain bahan cotton Pique kan masih ada bahan lain yaitu bahan Pique CVC, apakah ada perbedaan dari kedua kain tersebut?

Perbedaan yang sudah jelas adalah bahan dasar dari kainnya. Yang satu dibuat dari serat cotton dan satu nya dibuat dari bahan CVC atau serat campuran cotton dan polyester. Karena bahan dasarnya yang berbeda inilah yang akan membuat kualitas kainnya menjadi berbeda juga.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, kain dengan bahan cotton seperti cotton Pique karakternya menjadi lebih halus, lebih adem dan nyaman digunakan juga daya serap kainnya sangat baik. Sedangkan untuk kain CVC Pique cukup berbeda dari segi karakteristik kainnya.

Kain ini memang halus jika Anda rasakan teksturnya tetapi mungkin tidak akan lebih adem daripada kain pique dengan bahan dasar cotton. Apa masih bisa menyerap keringat? Tentu masih bisa karena komposisi serat cotton pada kain ini masih lebih banyak tapi tidak akan sebaik bahan cotton pique. 

Perlu Anda ketahui juga kain Pique yang ada di toko kami pun berbeda dari segi ketebalan kain antara kain Combed Pique dan CVC Pique. Dan ini pun termasuk salah satu perbedaan dari kedua kain pique dari toko kami.

Kain Combed Pique itu dibuat dengan ketebalan kain 30s, gramasi nya 180-190 gsm dan lebar kainnya adalah 45”, lebih besar ya dari kain single knit? Betul sekali kain Pique mempunyai lebar kain yang lebih besar dibandingkan dengan kain single knit atau bahan kaos biasa.

Untuk kain CVC Pique pun sebenarnya ketebalannya berbeda dengan Combed Pique, karena kain ini dibuat dengan gramasi 200-210 gsm dan ketebalannya adalah 24s, yang artinya kain ini lebih tebal dari kain Combed Pique. Lebar kain CVC Pique sama saja dengan kain Cotton Pique yaitu 45”

5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

Panjang Kain Bahan Cotton Pique Dan Jumlah Kaos Yang Didapatkan

Setiap bahan kaos yang ada di toko kami mempunyai panjang kain yang berbeda, terutama untuk bahan Pique. Bahan pique mempunyai ketebalan yang berbeda dengan kain-kain single knit, hal ini juga yang menyebabkan panjang kain dan jumlah kaos yang didapatkan berbeda.

Pique dengan ketebalan 24s biasanya lebih pendek dibandingkan dengan bahan Cotton Pique di toko kami yang  lebih tipis sehingga kainnya lebih panjang. Di bawah ini merupakan rata-rata panjang kain Pique dan Jumlah kaos yang bisa Anda dapatkan dari 1 kg kain pique nya5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan KeunggulannyaBisa Anda perhatikan pada tabel di atas, pada masing-masing ketebalan kain mempunyai gramasi yang berbeda yang artinya ketebalan kainnya pun berbeda. Dan panjang kain Cotton Pique ternyata masih lebih panjang dibandingkan dengan kain CVC Pique. Hasil kaosnya pun lebih banyak didapatkan bahan Cotton Pique

Aksesoris Bahan Cotton Pique

Setiap bahan kaos sebenarnya mempunyai aksesorisnya tersendiri, seperti kain-kain single knit yang dipasangkan dengan Rib, baik Rib katun maupun Rib Spandex. Begitupun dengan bahan Pique, baik Pique Cotton atau bahan pique lainnya, dipasangkan dengan jenis aksesoris Kerah dan Manset.

Kerah merupakan aksesoris pada kaos polo yang digunakan pada bagian leher kaos. Saat ini toko kami menyediakan jenis kerah polos tanpa corak. Dalam 1 kg kain berapa kerah yang dibutuhkan?

Jumlah kerah yang Anda butuhkan disesuaikan dengan banyaknya kaos yang didapatkan dari 1 kg kain tersebut. Untuk bahan Cotton Pique Anda membutuhkan sekitar 4 pcs kerah.

Manset juga merupakan salah satu aksesoris yang biasa digunakan sebagai pasangan dari kain Pique. Manset ini digunakan untuk bagian lengan kaos polo atau kaos wangki, seperti kerah toko kami menyediakan manset dengan jenis polos tanpa corak yang disesuaikan juga warna nya dengan bahan kaosnya.

Berapa manset yang dibutuhkan untuk 1 kg kain pique? Sama seperti kerah, jumlah manset yang Anda butuhkan disesuaikan juga, biasanya 1 kg kain Cotton Pique membutuhkan 4 pcs manset. Tapi kan manset itu untuk lengan artinya untuk lengan kanan dan kiri tetapi kenapa hanya menggunakan 4 pcs saja bukan 8? Karena 1 pcs manset bisa digunakan untuk sepasang lengan kanan dan kiri jadi Anda tidak perlu membeli untuk kedua nya

Apakah aksesoris ini dijual terpisah dan dijual satuan? Semua aksesoris kain yang ada di toko kami dijual terpisah dan bukan dijual satuan. Sama seperti kainnya aksesoris pun kami jual secara kiloan, tapi ketika memesan Anda bisa menyebutkan kebutuhan aksesoris kerah dan manset dengan jumlah satuan dan tim kami akan bantu menimbang beratnya

Harga Bahan Cotton Pique 

Bahan Cotton Pique mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan Pique lainnya, tetapi sesuai dengan harga nya kualitas kain yang bisa Anda dapatkan akan lebih baik dan hasilnya pun lebih banyak.

Dalam 1 kg kain Cotton Pique atau Combed Pique Diamond dipatok dengan harga 108.000/ kg untuk warna tua dan untuk pembelian minimal 1 roll. Harga kain di Toko bahan kaos Knitto ditentukan oleh warna dan mempunyai beberapa jenis harga seperti harga untuk pembelian Rollan dan Eceran.

Karena harga ditentukan oleh warna inilah kami mempunyai beberapa kategori warna yang digunakan sebagai pembeda dari setiap harganya, kategori warna yang kami maksud seperti Tua, Sedang, Muda, Putih, Tua Special dan Misty. 

Untuk kain Cotton Pique atau Combed Pique Diamond yang ada di toko kami tersedia dalam 4 pilihan warna seperti Putih, Misty Putih Bluish, Navy dan Hitam Reaktif Special. Harga dari kain ini bisa Anda cek pada tabel berikut ini
5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya
Seperti Anda tahu bukan hanya Combed Pique yang ada di toko kami tapi juga kain Pique dengan jenis bahan CVC juga tersedia.

Sudah pasti harga nya berbeda karena bahan nya pun berbeda. CVC Pique pun mempunyai beberapa kategori warna yang menjadi pembeda untuk setiap harga kain dari setiap warna nya
Cotton Pique
Selain harga-harga kain di atas Anda juga bisa mendapatkan info harga kain lainnya dari toko kami 

disini

Rekomendasi Penggunaan Bahan Pique

Banyak orang hanya menggunakan bahan Cotton Pique ini hanya untuk membuat kaos polo atau polo shirt saja, tetapi sebenarnya banyak juga jenis pakaian yang bisa dibuat atau Anda kreasikan dari bahan ini.

Seperti beberapa jenis pakaian ini yang bisa Anda buat menggunakan bahan Pique dan mungkin bisa menjadi inspirasi baru dalam penggunaan bahan ini

  • Kaos Polo / Polo Shirt

5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

Image source: www.touchofmodern.com 

Polo Shirt adalah kegunaan utama dari bahan Cotton Pique dan juga dibuat dengan jenis kain Pique lainnya seperti Pique Hexagon.

Kaos dengan ciri mempunyai kerah di bagian leher kaosnya. Biasa kaos dengan jenis berkerah seperti ini digunakan untuk baju semi formal seperti seragam atau bisa juga digunakan baju casual

  • Kaos Polo Lengan Panjang / Long Sleeve Polo Shirt

5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

Image source: www.rushordertees.com

Masih sama kegunaannya seperti kaos polo biasa perbedaannya terletak pada jenis lengannya, sesuai dengan namanya, kaos polo ini menggunakan lengan panjang dan biasanya digunakan untuk acara-acara semi formal atau bisa juga digunakan untuk baju seragam.

  • Dress

5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

Image source: www.farfetch.com 

Tidak hanya dibuat untuk polo shirt saja, bahan Pique terutama bahan Cotton Pique juga cocok untuk dibuat pakaian wanita.

Jenis dress dengan bahan pique ini biasanya mempunyai 2 jenis yaitu dress yang menggunakan lengan atau tanpa lengan. Dress seperti ini biasanya digunakan sebagai pakaian santai atau bisa untuk pakaian bekerja juga

  • Henley

5 Rekomendasi Bahan Cotton Pique Terbaik dan Keunggulannya

Image source: www.sportinglife.ca 

Jenis baju yang hampir sama seperti kaos polo , perbedaannya terletak pada jenis kerah nya. Kaos polo biasa lengkap menggunakan aksesoris kerah pada bagian leher kaos. Untuk kaos Henley dibuat tanpa menggunakan  kerah dan bagian kancing dan kerahnya seperti membentuk huruf Y. 

  • Outer / Blazer

bahan cotton pique untuk outer

Image source: simply outfit 

Kreasi lainnya yang bisa Anda buat dari bahan Cotton Pique adalah dibuat menjadi outer atau baju luar seperti cardigan.

Beberapa local brand dari Indonesia membuat inovasi dari baju outer dengan menggunakan bahan pique sebagai bahan dasarnya.

Karena biasanya untuk membuat outer seperti pada gambar diatas tidak menggunakan bahan pique melainkan bahan seperti Baby Canvas.

Akan dibuat apa sebuah bahan kaos sebenarnya kembali lagi kepada kreativitas Anda, tidak hanya untuk baju atau pakaian saja, mungkin juga dengan menggunakan bahan pique Anda bisa berkreasi dengan membuat tas atau jenis lainnya dari bahan ini.

Dan siapa tau jika Anda membuat sesuatu yang baru menggunakan bahan tersebut berbeda dari bentuk kegunaan utama nya, mungkin Anda bisa menciptakan trend terbaru

Kesimpulan

Bahan Cotton Pique adalah bahan yang perlu Anda perhitungkan sebagai bahan untuk kaos polo dengan kualitas premium. Tidak hanya baik secara kualitasnya saja tetapi kain ini juga cukup menguntungkan karena hasil kaos yang bisa Anda dapatkan dari 1 kg nya adalah 4 pcs.

Sedangkan jika Anda menggunakan jenis kain pique lain yang ada di toko kami seperti CVC Pique yang jika dijadikan kaos dalam 1 kg hanya mendapatkan sekitar 3 kaos dengan ukuran L.

Karakteristik kain Cotton Pique juga sangat bagus, kainnya halus, lembut di kulit,daya serap nya sangat bagus. Dan Anda tidak perlu khawatir karena susut kain untuk kain Cotton Pique yang ada di toko kami masih ada di batas aman.

Kegunaan dari kain Cotton Pique juga cukup banyak bukan hanya untuk bahan kaos polo saja bisa juga untuk jenis pakaian lainnya. Harga yang ditawarkan meskipun cukup mahal tapi juga sebanding dengan kualitas yang didapatkan jadi masih tetap seimbang. 

Terima kasih untuk terus menggunakan bahan kaos dari toko kami terima kasih karena sudah mempercayakan toko kami sebagai toko yang terpercaya untuk produk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapatkan info lainnya seputar bahan kaos dari toko kami melalui artikel lainnya di Blog kami. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur