Bagaimana Perawatan Kaos Sablon Agar Tetap Awet?

0
Rate this post

Setiap membeli kaos, pastinya yang kita inginkan adalah kaos tersebut tetap awet dan tahan lama sehingga bisa digunakan sampai kapanpun. Saat Anda membeli kaos dengan variasi sablon pada permukaan kaosnya, perlu sekali memperhatikan cara perawatannya agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Seringkali terjadi ketika mencuci pakaian terutama mencuci kaos, ada beberapa hal yang kurang diperhatikan sehingga membuat kaos dan sablon nya cepat rusak

kaos sablon manual

Sablon adalah salah satu jenis variasi atau teknik mencetak tinta diatas media yang kita inginkan dan salah satunya adalah pada kaos. Jenis sablon terdapat dua jenis yang biasanya banyak digunakan yaitu sablon dengan teknik manual dan digital menggunakan mesin. 

Pada kaos yang diberi variasi sablon perlu diperhatikan juga cara perawatannya, agar sablonan pada kaos tersebut tidak rusak atau sampai mengelupas. Lalu bagaimana cara untuk merawat kaos sablon yang baik dan bisa menjaga sablonan tetap awet?

Cara Perawatan Kaos Sablon

  • Pisahkan Kaos Sablon dengan Pakaian Lainnya

Cara yang paling benar sebelum mencuci kaos Anda adalah dengan memilah kaosnya dan jangan cuci kaos dengan jenis pakaian lainnya secara bersamaan. Hal itu dilakukan karena jika Anda mencuci semua pakaian secara bersamaan, bukan hanya sablonannya yang bisa rusak tetapi kaosnya pun bisa ikut rusak. Apalagi jika Anda mencuci bersamaan dengan celana jeans atau pakaian yang berbahan keras dan kasar. 

Selain memisahkan antara kaos dengan pakaian lainnya, kami menyarankan juga untuk memisahkan antara warna putih dengan warna kaos yang lainnya. Selalu pisahkan kaos putih dengan kaos warna-warni untuk menghindari kaos sablon Anda terkena luntur dari kaos berwarna

  • Jangan Rendam Kaos Sablon Terlalu Lama

Ketika akan mencuci kaos biasanya yang Anda lakukan adalah merendamnya terlebih dahulu dengan air deterjen. Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk merendam kaos pada air deterjen tersebut? 1 jam? 2 jam? Atau sampai semalaman? Tahukah Anda, sebenarnya untuk menjaga kaos sablon agar tetap awet, jangan rendam kaos terlalu lama, cukup 30 menit saja, terutama untuk kaos yang menggunakan jenis sablon Rubber. Jika terlalu lama, permukaan sablon akan mudah lepas karena pengaruh air dan sabun. 

Selain itu hindari juga penggunaan deterjen yang berlebihan. Banyak orang berpikir jika semakin lama merendam kaos dengan penggunaan deterjen yang banyak akan membuat kaos menjadi semakin bersih. Kenyataannya, hal berlebihan tersebutlah yang membuat kaos menjadi cepat rusak. Merendam terlalu lama membuat sablonan cepat mengelupas. Penggunaan deterjen terlalu banyak akan meninggalkan residu deterjen pada kaos dan akan sulit untuk dibilas. Jadi rendam dengan waktu yang pas dan pada air deterjen yang secukupnya

  • Bersihkan Kaos Jika Terdapat Noda

Semua orang setuju jika kaos adalah salah satu pakaian yang paling nyaman digunakan untuk segala acara dan kapanpun juga dimanapun. Kaos memang pakaian yang nyaman untuk digunakan baik dirumah maupun untuk keluar rumah. Terkadang ada saja noda yang tidak sengaja menempel pada kaos ketika kita sedang berkegiatan terutama jika sedang makan. Baik noda saus ataupun noda kecap. 

Jika ada noda yang ditemukan di kaos, segeralah bersihkan. Jangan menunggu lama hanya untuk membersihkan noda tersebut karena semakin lama Anda membersihkannya, noda akan semakin sulit untuk hilang dan terpaksa harus disikat agar bersih. Lalu jika sikat untuk membersihkan noda terkena sablon, maka sablonnya menjadi cepat mengelupas. Jika noda pada kaos putih pun jangan gunakan pemutih untuk membersihkannya, gunakan pemutih alami agar lebih aman 

  • Jangan Sikat Kaos

Salah satu cara untuk menjaga kaos sablon agar tetap awet adalah dengan tidak menyikat kaos pada saat proses mencuci. Menyikat kaos sablon sama dengan merusak kaosnya, jadi agar tetap aman dan awet, kucek kaos dengan tangan saja secara perlahan menjaga sablonannya agar tidak rusak. Hal ini amat sangat perlu Anda perhatikan ya pada saat mencuci. Jika menemukan noda yang baru menempel maka segera lah bersihkan agar tidak perlu menyikatnya 

  • Jangan Mencuci Kaos dengan Mesin

Dengan sikat saja sudah bisa merusak kaos Anda, apalagi jika Anda mencuci kaosnya dengan mesin cuci. Mencuci kaos dengan mesin cuci akan membuat kaos dan sablon nya cepat sekali rusak, karena putaran pada mesin cuci yang kencang akan membuat kaos juga menjadi cepat terlihat lusuh. Cara mencuci kaos yang baik itu sebenarnya yang di kucek saja dengan tangan secara perlahan.

  • Jemur Kaos dengan Dibalik

Kaos sablon yang sudah selesai dicuci sebaiknya segera dijemur dengan kondisi kaos dibalik. Selain itu hindari menjemur kaos dibawah sinar matahari langsung, agar warna sablonan dan warna kaos tetap awet dan tidak menjadi kusam. Karena sinar matahari langsung pun bisa merusak sablonan juga, jadi selalu pastikan kaos yang Anda jemur dalam kondisi terbalik ya

  • Selalu Setrika Kaos Setelah Dicuci 

Setelah kaos kering biasakan untuk segera menyetrika kaos, menyetrika kaos akan membuat permukaan kaos tetap terjaga bentuknya. Namun perlu Anda perhatikan ketika menyetrika kaos, selalu hindari menyetrika bagian sablonnya. Hanya setrika melalui lapisan dalam saja atau dengan cara dibalik, jika memang diperlukan atau jika pada bagian sablonnya terlihat kusut. 

Terakhir, saran dari kami agar kaos Anda tetap awet adalah dengan tidak menggunakan kaos sablon Anda untuk tidur. Ketika tidur tubuh kita bergerak tanpa sadar, ada kemungkinan kaos sablon yang Anda pakai tidur akan bergesek dan tentu akan lebih mudah rusaknya. Jadi gunakan kaos dengan fungsinya masing-masing, jika kaos yang Anda beli memang untuk kegiatan sehari-hari diluar rumah maka jangan pakai untuk tidur, begitupun sebaliknya. 

Sebenarnya cara untuk menjaga kaos sablon Anda tetap awet itu sangat mudah, yang sulit adalah konsistensi dalam menjaga kaos Anda. Semoga dengan ulasan yang kami berikan ini bisa menambah informasi tentang menjaga kaos bersablon yang benar dan membuat kaos sablon yang Anda miliki menjadi tetap awet. 

Untuk membuat kaos sablon yang berkualitas, selalu gunakan kain yang berkualitas baik juga dari toko kami ya. Kami menyediakan berbagai jenis kaos dengan pilihan ketebalan dan warna yang bermacam-macam yang Anda bisa gunakan untuk kaos sablon yang akan Anda produksi nanti. Kunjungi toko kami yang ada di Bandung dan Yogyakarta atau hubungi kami melalui WhatsApp juga bisa.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 081910607055 | 081383888599 

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur