5 Skills Yang Harus Dimiliki Pengusaha Muda

0
Rate this post

Di tahun 2020 ini, minat para millennials untuk menjadi seorang pengusaha terlihat semakin besar dengan banyak lahirnya bisnis-bisnis baru yang ada sekarang. Tetapi memang mungkin masih juga banyak anak muda yang kurang tertarik untuk menjadi seorang pengusaha dan lebih memilih untuk bekerja di perusahaan swasta atau instansi pemerintahan dengan alasan jika berbisnis harus mempunyai modal yang besar dan tidak sedikit juga mereka enggan berbisnis karena takut gagal dan tidak akan mendapatkan keuntungan. 

Untung atau rugi, maju atau tidaknya sebuah bisnis memang kembali dan tergantung kepada pemilik bisnis tersebut. Apakah pemilik bisnis ini mempunyai kemampuan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis tersebut sehingga bisa tetap eksis dan semakin berkembang atau justru sebaliknya? Untuk Anda yang mempunyai cita-cita menjadi seorang pebisnis sukses, ketahui dulu 5 hal skills atau kemampuan yang harus dimiliki seorang pengusaha atau bisa disebut juga dengan soft skill. 

Apa itu Soft Skill?

Soft skill bisa diibaratkan seperti sebuah bakat yang bisa dikembangkan secara pribadi. Kemampuan ini berjalan seiringan dengan kemampuan teknis atau hard skill. 

5 Skills yang Harus Dimiliki Pengusaha

Selain mampu berbahasa selain Bahasa Indonesia masih ada 5 skills yang sepertinya wajib dimiliki oleh pengusaha muda, apa saja?

Manajemen Waktu 

Memutuskan menjadi seorang pengusaha harus siap mempunyai gelar “Orang Sibuk”. Meskipun banyak juga yang mengira jika menjadi pengusaha itu enak karena bisa mempunyai jam kerja sendiri, tapi sebenarnya dibalik itu semua, seorang pengusaha justru mempunyai segudang aktivitas yang harus dilakukan. Maka dari itu seorang pengusaha harus mempunyai manajemen waktu yang bagus, karena kalau tidak akan banyak pekerjaan yang tertunda dan tidak selesai. Harus pandai dalam memilah mana yang bisa dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan. 

Komunikasi 

Mampu berkomunikasi dengan baik bukan hanya perlu dimiliki oleh pengusaha saja tetapi semua orang pun harus mempunyai kemampuan ini. Pengusaha akan bertemu dengan banyak orang baik calon klien maupun partner bisnis yang akan bekerja sama dengan Anda. Dengan mempunyai skill komunikasi yang baik akan mempermudah Anda ketika suatu saat nanti Anda harus menjelaskan tentang produk dari bisnis Anda kepada calon klien, selain itu  akan lebih mudah mengerti dan memahami produk apa yang Anda tawarkan dan kesempatan untuk bekerja sama dengan banyak orang pun akan terbuka lebih besar. 

pengusaha

Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik juga akan sangat bermanfaat ketika Anda harus bernegosiasi atau melobi calon investor dan klien Anda. Jika penjelasan yang Anda berikan kepada mereka ini bisa diterima dengan jelas dan meyakinkan, para calon investor pun mungkin akan dengan mudah menyetujui kerjasama yang akan dilakukan.

Kemampuan komunikasi ini pun bukan hanya secara verbal, tetapi Anda juga harus bisa berkomunikasi dengan baik secara non-verbal atau melalui email atau pesan singkat. Jadi kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik bagi seorang pengusaha itu sangat penting kan?

Kemampuan Mengambil Keputusan

Menjadi seorang pengusaha berarti akan menjadi seseorang yang bertanggung jawab penuh atas kelancaran dan berjalannya bisnis, termasuk ketika ada sebuah pilihan yang harus diambil untuk kepentingan bisnis. 

Seorang pebisnis harus bisa mengambil dan membuat keputusan yang tepat untuk bisnis dan meskipun ketika Anda hendak mengambil keputusan lalu Anda mencoba untuk bertanya kepada tim bisnis, Anda akan mendapatkan beberapa jawaban yang berbeda dan tetap dari berbagai jawaban ini Anda lah yang menentukan mana yang terbaik untuk bisnis yang Anda jalani. Ada saatnya Anda harus bisa mendengarkan tim dan ada saatnya Anda pun harus bisa mempercayai diri sendiri.

Mampu Beradaptasi

Dunia bisnis pasti adalah salah satu bidang yang mengharuskan kita untuk bisa menjadi seseorang yang fleksibel dan bisa beradaptasi dengan baik. Beradaptasi disini bukan hanya dengan sesama rekan bisnis, calon klien tetapi dengan perubahan yang terjadi dan trend yang ada. Persaingan yang ketat pun menjadi salah satu faktor mengapa pengusaha harus bisa beradaptasi.

Para pebisnis juga akan dituntut untuk bekerja serba cepat, maka dari itu kemampuan adaptasi disini sangat diperlukan. Bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, beradaptasi dengan berbagai kelompok atau individu lainnya.

Berpikir Analisis

Sebagai pengusaha, kemampuan yang juga harus dimiliki adalah bisa berpikir secara analisis, bisa membaca situasi yang sedang terjadi dan memprediksi yang akan terjadi kedepannya. Untuk mempunyai kemampuan ini tidak berarti Anda harus mempunyai indera ke 6, cukup mampu belajar dari masalah dan kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi kemampuan ini akan lebih terasah dan tentu Anda bisa menjadi seseorang yang berpikir analisis.

5 hal di atas setidaknya harus ada pada diri seorang pengusaha meskipun masih banyak lagi manajemen skill yang harus bisa dikuasai oleh para pengusaha muda. Selain 5 skill ini, sebagai seorang pengusaha pun sebisa mungkin Anda harus berani. Berani dalam segala hal, berani untuk memulai, berani mengambil keputusan, berani untuk melakukan perubahan dan masih banyak lagi. 

Menjadi seorang pengusaha memang bukanlah profesi yang mudah, tidak semudah yang orang-orang pikirkan dan tidak seenak yang orang bayangkan, tetapi jika dijalani dengan semangat dan sungguh-sungguh akan mendatangkan banyak kemudahan dan Anda sendiri yang akan menikmati hasilnya di kemudian hari. Jangan takut atau ragu untuk menjadi pengusaha muda, karena pada masa sekarang ini sudah banyak bermunculan pebisnis muda hebat yang sukses dan maju. Mereka pun tetap melewati berbagai macam proses, masalah ataupun kesulitan tapi asalkan tetap konsisten, bisnis yang dijalankan pun pasti akan menemukan kesuksesan. Saatnya Anda juga menemukan peluang berbisnis Anda sendiri, karena ketika Anda berbisnis bukan hanya keuntungan untuk diri Anda sendiri beserta tim tetapi Anda juga bisa membuka kesempatan peluang bekerja untuk orang lain atau membuka lapangan pekerja untuk orang-orang. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan semangat berbisnis Anda ya! Sukses selalu. Dapatkan tips-tips seputar bisnis di Knitto Business Talk yang sudah kami Share di Instagram kami

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

 

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur