5 Cara Membuat Orang Yakin Membeli Produk Anda

Bagi para pelaku bisnis atau pengusaha pasti sangat ingin untuk bisnisnya terus maju dan berkembang, termasuk juga dalam urusan penjualan. Meningkatkan penjualan dan terus mendapatkan pelanggan baru setiap harinya pasti merupakan sebuah tantangan. 

Salah satu tantangan yang pasti Anda hadapi juga adalah ketika bertemu konsumen yang ragu-ragu dengan produk Anda, apalagi jika proses pembelian ini dilakukan secara online atau tidak bertatap muka langsung. Ketika hal ini terjadi sudah menjadi tugas Anda untuk bisa meyakinkan calon pelanggan baru ini untuk membeli produk Anda.

Dalam menawarkan produk yang jual pun tidak bisa sembarangan, harus dengan cara yang tepat karena jika tidak, salah-salah bukannya yakin dan tertarik dengan produk Anda yang ada calon customer ini malah kabur dan memilih online shop lain. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meyakinkan calon customer untuk membeli produk Anda

5 Cara Meyakinkan Orang Untuk Membeli Produk

  • Pastikan Produk Berkualitas

Ingin orang-orang yang mampir ke toko Anda yakin dengan produk yang Anda tawarkan? Pastikan dulu produk yang Anda jual juga berkualitas bagus. Jangan sampai karena produk Anda tidak mempunyai kualitas yang baik, orang-orang pun menjadi tidak yakin ya. Produk yang berkualitas itu bisa dikatakan sebagai kewajiban utama sebuah bisnis apalagi jika bisnis yang Anda jalani saat ini adalah bisnis clothing. Produk pakaian atau yang Anda jual harus menggunakan bahan baku yang berkualitas baik, kualitas dari jahitan atau jika menggunakan variasi pun harus berkualitas bagus sampai ke aspek packaging pun harus bagus. 

  • Target Konsumen Harus Tepat

Terkadang ada kalanya ketika kita mencoba melakukan pendekatan terhadap calon customer agar bisa terjadi pembelian disana, kita lupa apakah orang tersebut pas dan cocok dengan produk yang kita tawarkan? Apakah orang tersebut masuk ke “” kita? 

Untuk mempermudah proses jual beli, sebaiknya tawarkan produk terhadap orang-orang yang benar membutuhkan produk Anda atau bisa dikatakan produk yang ditawarkan merupakan solusi bagi masalah calon customer ini. Maka dari itu mengapa sebuah bisnis wajib mempunyai target market

  • Produk Harus Punya Keunggulan

Mau produk Anda cepat dilirik oleh orang-orang sampai mereka yakin untuk menggunakan produk Anda? Kalau begitu produk yang Anda buat ini harus mempunyai keunggulan tersendiri sehingga orang-orang pun tidak segan untuk langsung memilih produk Anda. 

Jika produk yang Anda tawarkan ini keunggulannya hampir sama dengan produk kompetitor maka sudah pasti Anda akan cukup kesulitan untuk meyakinkan customer. Maka dari itu mempunyai keunggulan dan sesuatu yang berbeda dari pesaing Anda adalah salah satu kunci.

  • Gunakan Bahasa Yang Bisa Dimengerti

Apakah bisnis Anda berbasis online? Jika iya, berarti Anda harus memastikan bahasa yang digunakan saat berinteraksi dengan calon customer dapat dimengerti dengan mudah. Jangan gunakan bahasa yang sulit dan berbelit-belit terutama saat Anda menjelaskan tentang produk Anda. Ada beberapa orang yang mungkin mudah memahami produk secara mendetail dan ada juga customer yang kurang memahami produk maka dari itu coba untuk sederhanakan bahasa yang Anda gunakan.

  • Konsisten Melakukan Promosi

Hal selanjutnya yang bisa membuat orang-orang yakin dengan produk yang Anda jual adalah dengan terus konsisten melakukan promosi di media digital seperti Instagram maupun Facebook. Bagikan informasi-informasi penting tentang produk Anda dan hal-hal penting yang customer perlu tahu tentang produk Anda. Promosi merupakan landasan untuk mulai membangun keyakinan konsumen terhadap produk maupun bisnis Anda. 

Satu hal lagi yang juga bisa menjadi bagian dari promosi dan sekaligus bisa meyakinkan orang untuk membeli produk Anda yaitu dengan menunjukan testimoni dari customer yang sudah pernah menggunakan produk Anda. maka dari itu kumpulkan testimoni yang sudah Anda dapatkan sebagai bahan untuk meyakinkan customer Anda juga. 

Hal Yang Membuat Customer Tidak Jadi Membeli Produk Anda

Dari 5 cara di atas tentang bagaimana untuk meyakinkan orang untuk mau membeli produk Anda, perlu Anda ketahui juga jika sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat customer tidak jadi membeli produk Anda alias proses jual beli Anda gagal saat itu, apa saja?

  • Memaksa: Ketika ada calon customer yang datang menghubungi Anda, jangan pernah memaksa dalam menawarkan produk, lakukan dengan cara yang benar dan tanamkan rasa sabar ketika sedang menghadapi customer
  • Langsung menawarkan produk: Sebaiknya ketika ada customer yang menghubungi Anda jangan langsung tawarkan produk atau langsung jualan istilahnya, tapi tanyakan dulu apa kebutuhannya. Ada juga customer yang batal melakukan pembelian karena merasa tidak nyaman dengan pelayanan yang seperti ini
  • Tidak bisa menjelaskan produk yang dijual dengan baik: Bagaimana customer akan yakin dan membeli produk Anda ketika mereka bertanya tentang suatu produk, Anda atau team Anda tidak bisa menjelaskan dengan baik? Jika Anda menggunakan jasa admin atau karyawan untuk membantu Anda, pastikan mereka sudah mengetahui produk apa yang dijual atau sudah memahami product knowledge nya
  • Tidak melakukan follow-up terhadap customer: Sebagai penjual, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada calon pembeli apakah barang yang sudah dipilih sudah pas atau belum. Melakukan follow up terhadap customer juga merupakan salah satu bentuk perhatian Anda terhadap customer.
  • Pelayanan tidak ramah: Pelayanan yang baik sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda, jangan sampai ada kesalahan kecil karena Anda tidak ramah pelanggan menjadi kabur.
  • Tidak bisa meyakinkan: Penting sekali untuk bisa meyakinkan kepada customer jika produk yang mereka pilih dari toko Anda adalah yang paling tepat. Jika tidak bisa meyakinkan bagaimana bisa terjadi “closing” kan?

Maka dari itu sebagai seorang pebisnis harus sekali mempunyai persiapan yang matang baik dari segi produk, strategi marketing sampai ke pelayanan. Membangun citra yang baik terhadap brand dan produk Anda juga sebuah keharusan agar para calon pembeli ini tidak banyak berpikir ketika akan membeli produk Anda. Apalagi jika produk Anda juga mempunyai nilai lebih dan benar-benar berbeda dari produk yang ditawarkan oleh pesaing Anda

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis clothing jangan lupa untuk menggunakan dari toko kami ya, karena bukan hanya menawarkan harga yang bersaing tetapi kualitas produk kami juga premium dan unggulan. Apa yang kami sampaikan ini semoga bermanfaat ya untuk bisnis Anda dan semoga bisnis yang Anda jalankan sukses. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 



RELATED POSTS