3 Hal Yang Menentukan Bagus Atau Tidaknya Kualitas Bahan Kaos

Semua produsen kaos atau pengusaha kaos pastinya ingin menyajikan produk yang berkualitas baik untuk para customernya, tetapi untuk menyajikan kualitas produk yang baik diperlukan produksi dan pemilihan bahan yang baik juga. 

Ketika mencari bahan untuk kaos, mungkin Anda dihadapkan dengan beberapa pilihan bahan dan Anda sebagai produsen sekaligus pemilik dari bisnis harus benar-benar teliti dalam memilih bahan baku untuk kaos, jangan sampai Anda salah memilih bahan apalagi hanya karena tergiur dengan harganya yang murah.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penentu, apakah kain yang Anda gunakan ini mempunyai kualitas yang bagus atau bahkan sebenarnya kualitasnya dibawah standar? Agar Anda tidak sampai salah memilih bahan baku untuk produksi kaos Anda, maka dari itu perhatikan beberapa hal ini ketika memilih bahan kaos

  • Komposisi Kain

Pertama yang perlu Anda perhatikan ketika membeli bahan untuk kaos adalah komposisi atau bahan baku kainnya. Karena komposisi bahan adalah salah satu faktor terbesar yang akan mempengaruhi kualitas dari bahan tersebut, jika bahan baku yang digunakan berkualitas bagus maka kainnya pun akan bagus.

Bahan kaos yang menggunakan serat cotton sebagai bahan dasarnya akan menghasilkan bahan kaos yang berkualitas baik. Selain bahan Cotton, bahan kaos yang dibuat dari serat campuran cotton pun akan menghasilkan kualitas yang baik. Tapi tidak semua kain campuran mempunyai kualitas bahan yang bagus, kain yang dibuat dari serat campuran Cotton dan serat alami lainnya yang akan menghasilkan bahan kaos berkualitas tinggi bahkan bisa dikatakan kualitasnya premium. 

Beberapa rekomendasi bahan kaos ini bisa Anda coba yang mana dibuat menggunakan bahan serat cotton dan serat campuran, sehingga kain yang dihasilkan pun berkualitas bagus: 

4 bahan di atas adalah jenis bahan kaos yang memang paling sering digunakan sebagai bahan kaos dan juga mempunyai kualitas bahan yang tidak sembarang. Kualitas handfeel dari 4 bahan ini memang benar-benar bagus, kenapa bisa bagus? Kembali lagi karena komposisi kainnya yang juga bagus. Selain bahan-bahan Cotton seperti diatas, bagaimana jika menggunakan bahan ? Kain juga komposisi kainnya terdiri dari serat campuran cotton dan ? Memang benar bahan kaos CVC itu dibuat dari serat campuran hanya saja serat campuran yang digunakan merupakan serat Cotton dan , seperti Anda tahu kualitas dari serat panas saat dipakai sehingga kain yang menggunakan campuran serat ini pun kualitasnya masih ada di bawah kain dengan bahan full cotton.

  • Kain tersebut berbulu atau tidak?

Kedua, jika Anda ingin menggunakan bahan kaos yang bagus pastikan kain tersebut tidak berbulu. Pada dasarnya bahan kaos yang dibuat dari serat kapas tentu akan memiliki bulu pada permukaan kainnya, tetapi jika kain dibuat dengan cara yang tepat dan bahan baku yang digunakan juga berkualitas bagus tentu permukaan kainnya tetap bagus dan bulu nya pun akan terminimalisir. Perlu Anda ketahui ketika bahan kaos yang Anda gunakan ini berbulu dan akan digunakan sebagai bahan kaos untuk kaos bersablon maka hasil sablonnya tidak akan maksimal, karena kualitas kain yang Anda gunakan akan mempengaruhi hasil dari kaos tersebut. Perhatikan gambar berikut ini, bahan carded terlihat lebih banyak memiliki bulu pada permukaan kainnya

bahan kaos

Jadi pada saat membeli bahan kaos Anda harus memperhatikan sekali pada bagian permukaan kainnya ya.

  • Apa ada bintik putih?

Ketika melakukan handfeel kain, pernahkah Anda menemukan gumpalan kecil atau seperti butiran putih pada kainnya? Jika iya kemungkinan kain tersebut teksturnya kurang halus dan proses pembuatan kainnya tidak melalui tahap penyisiran. 

Butiran kecil atau bintik putih yang terdapat pada permukaan kain ini berasal dari biji kapas atau merupakan kotoran kapas yang tidak terangkat pada saat proses pembuatan kain. Bisa jadi proses pembuatan kainnya sampai ke tahap digaruk dan tidak disisir sehingga biji kapas atau kotoran kapasnya tidak terangkat menyeluruh.

Seperti yang sudah kami rekomendasikan sebelumnya 4 bahan seperti , Cotton Modal, Cotton Bamboo dan U.S Pima Cotton adalah bahan-bahan yang benar-benar berkualitas baik karena kain ini benar-benar halus dan lembut dan sangat nyaman digunakan. Sudah terbukti banyak yang menggunakan jenis bahan kaos ini, terutama untuk . Kain ini dianggap sebagai bahan kaos favorit para pengusaha kaos karena selain kualitas bahannya yang memang bagus, harga yang ditawarkan juga terjangkau sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukai jenis bahan kaos ini.

Jika Anda ingin menggunakan sebagai bahan dasar kaos Anda dan berencana untuk mencari bahan ini di pasaran, selalu ingat 3 hal yang sudah kami sebutkan diatas sebagai aspek penting yang harus ada pada kain Cotton Combed. Akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan dari saja, karena selain kualitas bahannya yang sudah terjamin, harga bahannya yang bersaing, pilihan ketebalan kainnya yang tersedia dalam beberapa pilihan dan terpenting adalah pilihan warnanya yang sangat beragam. Kami menyediakan 70 warna kain Cotton Combed di toko kami, tidak hanya warna dasar seperti Merah, Hitam, Putih dan Navy, tetapi kami hadirkan juga warna-warna cerah dan soft atau warna pastel pada koleksi kain kami. 

Apakah ketebalan pada mempengaruhi kualitas kainnya? Sebenarnya ketebalan pada bahan kaos itu tidak begitu berpengaruh pada kualitas kainnya, yang paling mempengaruhi kualitas kain adalah bahan baku dari kain tersebut. Contohnya seperti ini, Anda mempunyai 2 jenis bahan kaos yang sama-sama berbahan 100% serat cotton yaitu Cotton Combed dan Cotton Carded namun berbeda ketebalan kainnya, Combed ketebalannya 20s (lebih tebal) dan Carded ketebalannya 30s (lebih tipis), mana yang lebih bagus? Kain Combed dengan ketebalan 20s adalah kain yang kualitasnya lebih baik meskipun lebih tebal. Tapi kan kedua nya sama-sama berbahan full cotton? Memang benar tetapi dari segi proses pembuatan kainnya lah yang membuat Combed lebih unggul dan kualitasnya lebih baik.

Kesimpulan 

Selalu memperhatikan kualitas dari produk yang Anda jual adalah sebuah kewajiban dari seorang pengusaha. Bukan hanya proses produksi nya saja yang Anda perhatikan tetapi pemilihan bahan baku atau bahan kaos yang digunakan juga merupakan kewajiban Anda. Pilih bahan kaos yang memang benar-benar berkualitas baik, pastikan juga harga bahan yang ditawarkan sebanding dengan kualitas kainnya. 

Jadi ketika sedang mencari kain untuk bahan baku kaos, pastikan jenis komposisi kainnya, kain tersebut tidak berbulu, dan yang terakhir adalah pastikan kain tidak mempunyai bintik putih atau butiran kecil kasar pada permukaan kainnya. Jika 3 aspek ini sudah terpenuhi maka kain yang Anda pilih mempunyai kualitas yang baik. 

 TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur



RELATED POSTS